234 Bacaleg Dari 11 Parpol Telah Mendaftar Di KPU Nias Untuk Pileg 2019, Ternyata 18 TMS

0
32
Loading...

BuktiPers.Com – Nias (Sumut)

Sehubungan proses Pemilu 2019 yang sedang berlangsung, dari berkas 234 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari beberapa Partai Politik yang mendaftar dan telah menyerahkan perbaikan berkas, Terdapat ada 18 orang Bacaleg yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Hal itu di sampaikan Komisioner KPU Kabupaten Nias (Divisi Tekhnis & Hupmas) Firman Mendrofa, kepada wartawan usai kegiatan penyerahan berita acara administrasi hasil perbaikan & persetujuan rancangan Daftar Calon Sementara, di kantor KPUD, Jalan Pancasila – Hiliweto, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Jumat (10/8/2018) sore.

Dalam penjelasannya Firman mengatakan bahwa Saat mendaftar ada 12 partai, namun dimasa perbaikan berkas cuma 11 partai yang menyerahkan berkasnya,” jelasnya.

Firman menjelaskan juga bahwa selama masa verifikasi atau penelitian perbaikan berkas bacaleg yang dilakukan mulai tanggal 1 – 7 Agustus 2018, Tim KPU Kabupaten Nias telah siap melakukan penyusunan dan pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) mulai tanggal 8 – 12 Agustus 2018.

Lebih lanjut Firman mengatakan bahwa Selama proses verifikasi perbaikan, hanya 216 Bacaleg yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) dari 11 Partai yang sudah menyerahkan hasil perbaikan berkas.

Sedang kan Bacaleg yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 18 orang itu dikarenakan dokumen pencalonan tidak lengkap serta ditemukan pendaftaran ganda di partai politik.

“Sesuai tahapan pemilu, 216 orang yang masuk Daftar Calon Semantara (DCS) itu nantinya. Kita siap menerima masukan atau tanggapan masyarakat atas nama – nama dalam DCS tersebut, mulai sejak tanggal 12 Agustus – 21 Agustus 2018. Tanggapan masyarakat tersebut dapat disampaikan langsung secara tertulis ke Kantor KPU Kabupaten Nias,” terangnya.

Lanjutnya Firman mengatakan bahwa tidak hanya itu, “Pada tanggal 01 September sampai dengan 13 September 2018 terkait Pemberitahuan, Pengajuan dan verifikasi pergantian Bacaleg dalam DCS sedangkan
Tanggal 14 September sampai 23 September 2018 Penyusunan dan Pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT),” tutur Firman.

Pantauan BuktiPers.Com, saat penyerahan berkas perbaikan bacaleg kepada parpol disampaikan langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Nias Abineri Gulo, dengan disaksikan oleh Anggota KPU Kabupaten Nias Firman Mendrofa dan Elisati Zandroto dan kegiatan ini tersebut diawasi langsung oleh Bawaslu Kabupaten Nias. (Aro.Ndraha/Red)

Loading...