Diduga Ketua Gapoktan Desa Meranti Paham Gelapkan Dana PUAP

0
39

BuktiPers.com – Labuhanbatu (Sumut)

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Meranti Paham Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu (Sumut) diduga menggelapkan dana Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP). Sebab hingga saat ini masyarakat tidak mengetahui dengan jelas penggunaannya.

Informasi yang dirangkum menyebutkan bahwa Tahun Anggaran (TA) 2010 Gapoktan Desa Meranti Paham Kec. Panai Hulu, Labuhanbatu menerima kucuran dana PUAP dari APBN senilai Rp.100 juta. Menurut masyarakat setempat, penggunaan dana PUAP disinyalir diselewengkan.

Ketua Gapoktan Desa Meranti Paham Tupon baru-baru ini mengatakan bahwa penggunaan dana PUAP yang diterimanya dibelanjakan untuk pembelian anak lembu dan dibagikan kepada anggota Kelompok Tani.

Kemudian katanya akibat banyak yang mati, proses pengutipan angsuran anak lembu tersebut terkendala dan macet. Ia juga mengatakan bahwa dirinya bukan lagi Ketua Gapoktan dan sisa dana PUAP senilai Rp. 64 juta serta seluruh urusan juga daftar nama kelompok tani penerima anggsuran anak lembu telah diserahkan kepada Ketua Gapotan baru.

Ketua Gapoktan Desa Meranti Paham Sugianto yang baru menjabat saat dihubungi , guna meminta penjelasan terkait perihal ini membantah telah menerima sisa dana PUAP dari Ketua Gapoktan lama. Dia berdalih bahwa program PUAP tersebut telah lama hilang.

“Tidak ada saya menerima sisa dana PUAP dari Tupon, saya tidak tahu menahu. Se Indonesia itu sudah tidak ada lagi.”tandasnya. (Dian)