3 Pegawai Inspektorat Dan Oknum Kades Di Batubara Terjaring OTT

0
72
Loading...

Buktipers.com – Batubara (Sumut)

Polres Batubara menggelar press reliase terkait terjaringnya tiga oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seorang Kepala Desa pada sebuah Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Oknum yang dimaksud masing-masing berinisial PH, YB, SJ dan HI yang disebut merupakan Kepala Desa Durian, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara.

OTT yang dilakukan Polres Batubara tersebut terkait dugaan ‘uang pelicin’ terhadap pemeriksaan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2018.

Mereka berhasil ditangkap dikantor Desa Durian, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara pada hari Kamis 9 Agustus 2018 kemarin.

Karena saat itu, tiga oknum ASN yang disebut-sebut dari Inspektorat Pemkab Batubara itu sedang melakukan pemeriksaan terkait penggunaan ADD didesa tersebut.

Dalam pemeriksaan pegawai Inpektorat diduga menemukan kejanggalan laporan desa sehingga terjadi negosiasi yang berujung transaksi suap.

Saat ditangkap, petugas menemukan barang bukti uang tunai sebesar 3 juta rupiah di dalam saku salah seorang oknum ASN.

Usai diamankan, oknum Kepala Desa dan ketiga ASN tersebut langsung diboyong ke Mapolres Batubara guna pemeriksaan lebih lanjut. Keempatnya bakal terancam hukuman di atas 5 tahun penjara.

Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang saat press release menjelaskan bahwa sangat mudah terjadi pelanggaran bagi ADD.

“Mereka yang seharusnya mengawasi dalam penggunaan ADD, justru menyalahgunakan wewenang tersebut. Kita harus benar-benar memperhatikan penggunaan ADD ini, dalam penemuan ini kita juga berhasil mengamankan 3 juta rupiah di TKP sebagai barang bukti. (AD/Red)

Loading...