Bahas Pengawasan Internal, Wakil Ketua KPK Temui Pimpinan MA

0
28

BuktiPers.Com – Jakarta (DKI)

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menemui pimpinan Mahkamah Agung. KPK datang untuk membahas penguatan pengawasan internal di tubuh MA, termasuk audit kepatuhan pengadilan.

“Pertemuan tersebut membahas finalisasi nota kesepahaman antara MA dan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) untuk membantu penguatan pengawasan internal yang dilakukan Badan Pengawas (Bawas MA),” ungkap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (6/10/2017).

“Salah satu hal yang akan dilakukan adalah audit kepatuhan pengadilan di sejumlah provinsi di Indonesia dalam penanganan perkara, termasuk penguatan mekanisme penanganan terhadap whistle blower,” imbuhnya.

Dari sini kemudian instansi terkait, termasuk KPK, akan mendapat gambaran terperinci mengenai kinerja pengadilan. “Sehingga juga dapat digunakan MA untuk kriteria promosi dan mutasi hakim,” tambah Febri.

Syarif tidak datang sendirian. Dia didampingi oleh Penasihat KPK dan Deputi Bidang Pencegahan. Pertemuan ini merupakan bukti upaya KPK di bidang pencegahan.

“Kami tentu harus menyeimbangkan pelaksanaan tugas penindakan, terutama ketika akhir-akhir ini sejumlah hakim dan panitera diproses karena indikasi korupsi,” pungkas Febri. (Ant/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here