Bertabur Penampilan Kesenian, Bupati Sutan Riska Tutup Secara Resmi Pentas Seni Anak Nagari Koto Baru.

0
142
Loading...

Buktipers.com. Minangkabau (Sumbar)

Malam penutupan pentas seni Anak Nagari Koto Baru, dihiasi berbagai macam penampilan kesenian tradisional Minangkabau. Kegiatan penampilan beragam kesenian anak nagari berlangsung selama tiga hari dihalaman kantor Wali Nagari Koto Baru dimulai Jumat itu, resmi ditutup Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan Minggu (22/4/2018).

Pada kesempatan itu juga dihadiri oleh kepala kantor, dinas instansi lingkungan Pemkab Dharmasraya, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh muda, dan ratusan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Raja Muda Koto Besar itu, memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara, camat, wali nagari, para seniman dan budayawan serta segenap masyarakat setempat, telah ikut andil sebagai penggagas bangkitnya seni dan budaya Minangkabau, sudah hampir hilang dipikiran generasi muda.

Dengan adanya ide kreatif dari para tokoh masyarakat Koto Baru atas penampilan kesenian ini, tentunya sebagai wujud nyata pengembangan dan pelestarian kesenian dan budaya berada di Kabupaten Dharmasraya. Terpenting lagi, suatu bukti nyata dalam kebersamaan membangun masyarakat bermartabat melalui bidang seni, budaya dan pariwisata.

Apalagi penampilan kesenian tradisional Minangkabau, bukan saja sebatas kebanggaan, namun aktualisasi adat budaya Minangkabau dalam sebuah pertunjukan.

“Apalagi, kabupaten Dharmasraya memiliki keunikan tersendiri dalam bidang seni dan budaya. Karena memiliki berbagai kesenian dan budaya, walaupun memiliki banyak kesenian dan budaya, namun itu semua membawa kedamaian, nyaman, indah dan bersahabat untuk semua orang,” terang Sutan Riska.

Ia juga menjelaskan dengan adanya kegiatan pentas seni budaya ini, dapat hendaknya membangkitkan motivasi bagi generasi muda miliki bakat sebagai seniman, budayawan, sanggar, dan organisasi kesenian untuk terus mengembangkan kreasi dan Inovasi, agar dapat mengaktualisasi diri melalui aktivitas dan prestasi seni, terangnya. (Syaiful Hanif)

Loading...