Bupati OKU Selatan Hadiri Pembayaran Ganti Rugi Lahan Bendungan Tiga Dihaji.

0
41
Loading...

BuktiPers.com – Oku Selatan (Sumsel)

Rencana pembangunan Waduk Tiga Dihaji atau Waduk Komering II, semakin mendapatkan titik terang dengan dibayarkannya ganti rugi bagi lahan masyarakat yang terkena dampak pembangunan waduk.

Wajah sumringah terlihat pada raut muka masyarakat yang menerima ganti rugi. Ganti rugi yang dibayarkan bervariasi, sesuai dengan luas lahan dan lokasi kebun masyarakat.

Pembayaran ganti rugi ini dilaksanakan pada hari Jumat, 14 September 2018, bertampat di Gedung Kesenian Muaradua.

Selain Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, hadir juga Badan Layanan Umum Lembaga Manajemen Aset Negara Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Ketua DPRD, FKPD, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai VIII, TP4D, Asisten I, Camat Tiga Dihaji, Kabag POD, Kades Sukabumi, serta Masyarakat yang akan mendapatkan ganti rugi.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatra Vlll, Suparji, mengatakan tujuan pembangunan bendungan ini untuk kebutuhan irigasi, mencukupi kebutuhan pertanian, dan perkebunan.
Dari 330 persil tanah yang telah diukur, hari ini baru dibayar sebanyak 193 persil, dengan besaran dana yang disiapkan pemerintah, sebesar 66 milyar rupiah.

“Pembayaran gantu rugi lahan ini masih ada yang belum dapat dibayarkan, karena masih ada kekurangan administrasi yang belum di selesaikan” kata Suparji

BBWS Sumatera VII dan Pemerinah Kabupaten OKU Selatan akan berusaha semaksimal mungkin, untuk berkoordinasi bagaimana caranya agar proses pembayaran berikutnya dapat lebih cepat.

Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, dalam sambutannya mengatakan dengan besarnya dana pembangunan waduk Tiga Dihaji, diharapan warga OKU Selatan jangan hanya jadi penonton.

“Saya berharap agar masyarakat dilibatkan dalam pelaksanaan pembangunan waduk ini nantinya” Ujar Popo.

Banyak dampak yang didapat dari proyek ini, selain pengendali banjir dan irigasi, waduk ini juga dapat menjadi pembangkit tenaga listrik dan pariwisata.(Sri Fitriyana)

Loading...