Debat Publik Paslon Walikota/Wakil Walikota Padangsidimpuan.

0
165

Buktipers.com – Padangsidimpuan (Sumut)

Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan menggelar debat publik pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil periode 2018-202 di Gedung Serbaguna Harapan Bunda Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Senin (14/05/ 2018).

Debat publik ini melibatkan tiga pasangan calon yakni paslon nomor urut 1 M.Isnan – Ali Pada, paslon nomor urut 2 Rusydi – Rossad dan paslon nomor urut 3 Irsan – Arwin.

Pada debat publik ini KPU selaku penyelenggara membagi empat sesi debat publik antara Paslon. Sebagai moderator debat publik Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Padangsidimpuan Mukhtar Helmi Nasution.

Dan debat publik ini di buka oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Padangsidimpuan.H Arbanur Rasyid.

Menurut Ketua KPU tujuan dari debat ini adalah agar masyarakat bisa menilai visi dan misi setiap Paslon serta masyarakat bisa menilai dari program dan janji-janji para Paslon pada masa yang akan datang.

“Dengan debat publik ini kita bisa menilai dari visi misi setiap Paslon. Kami juga khususnya masyarakat Kota Padangsidimpuan bisa menilai dari program dan janji para Paslon pada masa yang akan datang” tuturnya

Arbanur Rasyid juga berharap kepada para tiap Paslon pada pemaparan visi-misinya, agar bisa meyakinkan masyarakat Padangsidimpuan.

“Pada pemaparan visi-misi kepada para Paslon agar bisa meyakinkan masyarakat Padangsidimpuan, agar masyarakat tahu bahwa Bapak beres, Bapak bisa, Bapak bersinar dalam memimpin Kota Padangsidimpuan untuk periode tahun 2018-2023” ujarnya.

Pada sesi pertama para Calon Walikota memaparkan program unggulan serta visi-misinya dalam membangun Kota Padangsidimpuan lima tahun ke depan.

Untuk Calon Walikota nomor urut 1, H.M. Isnandar Nasution S.Sos mengatakan bahwa visi-misi mereka adalah mewujudkan Kota Padangsidimpuan yang Berbudaya serta Relegius dan Sejahtera (BERES). Dikatakannya untuk program kerja mereka adalah peningkatan mutu pendidikan, peningkatan kesehatan dan peningkatan kesehjahteraan.

Sementara itu Calon Walikota nomor urut 2 Ir. H. Rusydi Nasution.MM menjelaskan, bahwa visi-misi mereka adalah mewujudkan Kota Padangsidimpuan yang Bahagia, Inovatip Sejahtera, serta Asri dan terdepan di Pantai Barat Sumatera Utara (BISA). Rusydi.Nasution mengatakan untuk program kerja mereka adalah peningkatan mutu pendidikan, peningkatan kesehatan, peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat dan lapangan kerja.

Dan Calon Walikota nomor urut 3, Irsan Efendi Nasution. SH mengutarakan,bahwa visi-misi mereka adalah, mewujudkan Kota Padangsidimpuan yang Berkarakter,serta Bersih, Aman dan Sejahtera (BERSINAR). Dikatakan Irsan Efendi Nasution untuk program kerja mereka adalah peningkatan ekonomi, peningkatan pembangunan infrastruktur, peningkatan pendidikan,
kegiatan sosial ke agamaan, peningkatan sarana dan pelayanan kesehatan, peningkatan kualitas pemerintahan dan birokrasi, intensivikasi dan diversifikasi pertanian serta perkebunan dan peternakan, pelestarian lingkungan hidup dan penyedian ruang publik,
pemberdayaan pemuda dan prestasi olahraga, pelestarian budaya dan kearifan lokal. (Idham Halid.Siregar)