Disebut “Maling” Kontraktor Sebut Dinas PU Bina Marga Harus Tanggungjawab

0
196

BuktiPers.Com – Paluta (Sumut)

Kepala Bidang (Kabid) Dinas PU Bina Marga Paluta, M Nuh Pulungan beberapa waktu yang lalu pernah melontarkan atau menyebut “semua kontraktor maling”. Hal itu diduga karena hasil pengerjaan proyek yang terkesan amburadul alias tidak berkualitas.

M Nuh Pulungan juga menjelaskan bahwa tidak ada batas waktu perawatan pengerjaan proyek.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Padang Lawas Utara Muchlis Harahap di ruang kerjanya, Rabu (11/10/2017) menilai, bahwa kata-kata seperti itu kurang pas disampaikan seorang Kabid. Menutrutnya, bahwa masa perawatan sebuah proyek paling lama enam bulan.

“Ya nggak mungkinlah pengerjaan suatu proyek tidak ada batas jangka waktu perawatannya,” jelasnya.

Secara umum beliau juga menyampaikan, namanya bisnis tentunya tujuan akhirnya mencari keuntungan, begitu juga dengan para kontraktor, ujarnya.

Perihal proyek tahun 2016 yang disinyalir kualitasnya amburadul, Ketua Dewan ini menyebutkan akan membawa permasalahan ini di rapat dewan selanjutnya.

“Terimakasih semua info dan masukannya, tentunya ini akan kita bahas di rapat dewan nantinya,” ucapnya mengakhiri.

Terpisah H. Kankan selaku Ketua Gapensi Kabupaten Padang Lawas Utara ketika dikonfirmasi melalui telepon meyampaikan bahwa ada sedikit kecewa dengan penyampaian Kabid Bina Marga tersebut karena di sisi lain mereka yang punya kegiatan, pengawas kegiatan sekaligus Penanggung Jawab Kegiatan.

“Pengawasan mereka sebagai Bina Marga dimana? kok bisa dikatakan bahwa kontraktor itu maling,” tegasnya.

Lebih lanjut Kankan menambahkan bahwa kontraktor hanya sebagai perpanjangan tangan sebagai pelaksana, jadi baik buruknya proyek itu tanggung jawab mereka.

Sebagai informasi untuk proyek APBD Paluta tahun 2016, ada beberapa proyek yang kualitasnya diduga asal jadi. Seperti halnya hasil pekerjaan CV Sinar Sipirok dan CV Fitra. Berdasarkan keterangan narasumber yang tidak mau identitasnya disebutkan, pelaksana CV Fitra ini merupakan kerabat dekat Bupati Paluta. (LS/Red)