DLH Pelalawan Olah Sampah Menjadi Bermanfaat

0
143
IMG-20180124-WA0039
Loading...

BuktiPers.Com – Pelalawan (Riau).

Dinas Lingkungan Hidup Kab.Pelalawan (Riau) menjadikan Sampah Dedaunan yang tidak berguna menjadi Pupuk Organik yang sangat dibutuhkan untuk Tanaman.

Dari pantauan awak Media BuktiPers Rabu (24/01/2018) ketika sedang melewati Kawasan Perkantoran Bhakti Praja Pangkalan Kerinci Pelalawan nampak disudut tepi jalan se Onggok Timbunan Tanah hitam dalam bangunan seluas kurang lebih 10×20 meter yang tidak berdinding.

Ketika dikomfirmasi awak Media yang kebetulan memang tinggal disitu Andi Suhardi sebut namanya yang sekaligus menjabat sebagai Mandor diPengolahan Komposter Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tersebut,sempat awak Media tanyak apakah itu Tanah Hitam.. Mandor Komposter itupun menyangkal..”bukan bg..itu adalah hasil dari Olahan Dedaunan yang setiap pagi dikutip oleh Dinas Kebersihan dari bawah pohon yang berada diLingkungan Perkotaan sesampainya disini Sampah tersebut kita busukan hingga hampir Dua bulan dan disiram dengan M4 (Bakteri penghancur) sebelumnya,kemudian digiling dengan menggunakan mesin penggiling hingga hancur,maka jadilah Pupuk Organik yang sekarang abg lihat…”ujar Mandor Komposter itu.

Sengaja oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pelalawan H.Syamsul Anwar SH.MH Tempat ini memang dijadikan Pengolahan (Komposter) Daur ulang Sampah khususnya dari Tumbuhan dimana lokasi ini juga memang agak jauh dari keramaian.Beliau berharap dengan adanya Pengolahan Pupuk Organik ini kita bisa memenuhi sendiri kebutuhan pupuk untuk seluruh Tanaman Tanaman yang ada dilingkungan Perkotaan ujarnya Andi Suhardi melalui Kadis DLH. (Suparman/Andi)

Loading...