DPRD Dharmasraya Desak Bupati Tempatkan Kepala OPD Secara Profesional Sesuai Keahlian

0
121
Loading...

BuktiPers.Com – Minangkabau (Sumbar)

DPRD Dharmasraya gelar Ratap Paripurna Istimewa, dalam rangka penyampaian rekomendasi atas laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Dharmasraya tahun 2017, di gedung wakil rakyat daerah itu, Jumat (27/4/2018).

Rapat istimewa dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Dharmasraya Ampera Dt Labuan Basa, dengan dihadiri langsung oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, beserta 16 orang dari 25 orang anggota wakil rakyat daerah cati nan tigo itu, dan Pj Sekda Adlisman. S.Sos, M.Si, para Kepala Kantor, dinas instansi lingkungan Pemkab setempat.

Suardi Ayub sebagai juru bicara DPRD Dharmasraya ketika itu memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah, atas keberhasilan meningkatnya peringkat daerah. Dengan demikian perlu lebih ditingkatkan lagi, agar menjadi yang terbaik.

Namun untuk pencapaian rangking terbaik itu, tentu kiranya perlu pimpinan daerah menempatkan posisi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai dengan keahlian serta profesionalitas kinerja. Dengan mengabaikan kepentingan pribadi serta kepentingan kelompok.

Miris kiranya ketika dilihat Silva anggaran tahun 2017 terlalu tinggi. Hal ini tentu diakibatkan kurang seriusnya OPD dalam menjalankan program kerja. Maka dari itu diperlukan evaluasi, dan peningkatan kinerja agar tahun depan dan tahun berikutnya menghasilkan pencapaian kinerja maksimal.

Adapun sepanjang tahun 2017 masih banyak kegiatan harus dibenahi, dan dievaluasi untuk tahun berikutnya, terutama terhadap pengelolaan APBD yang belum maksimal, berbagai pembangunan belum terealisasi dengan baik. Apalagi, terhadap pungutan pajak, serta peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Sesuai dengan rancangan peraturan daerah (Ranperda) sedang digodok saat ini, diharapkan kepada seluruh OPD untuk bekerja lebih maksimal, terhadap pelayanan publik.

Selanjutnya menjadi perhatian khusus bagi dinas pendidikan, yakni masih ada sekolah belum lengkap sarana dan prasarana belajar maupun mengajar. Mirisnya lagi, masih muncul dipermukaan anak memiliki berprestasi harus putus sekolah, akibat tidak memiliki biaya untuk melanjutkan pendidikan ketingkat lebih tinggi.

Selanjutnya pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh tentu akan menjadi sorotan utama masyarakat. Karena, disana centralnya pelayanan untuk masyarakat. Maka dari itu, perlu penekanan kepada Kepala RSUD Sungai Dareh untuk lebih meningkatkan pelayanan, agar masyarakat Dharmasraya bisa berobat dengan maksimal di daerah sendiri, tanpa harus berobat keluar daerah.

Evaluasi penting bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar jelimet dalam mengawasi pembangunan infrastruktur, baik jalan, jembatan, maupun pembangunan lainnya. Karena pelaksanaan pekerjaan tahun sebelumnya masih banyak terbengkalai, bahkan tidak maksimal pelaksanaannya.

Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada kesempatan itu, menyampaikan bahwasanya segala bentuk rekomendasi DPRD tentunya dalam bentuk meningkatkan kegiatan pelayanan, pembangunan secara berkesinambungan. Maka dari itu, akan menjadi catatan dan sebagai bahan evaluasi untuk kedepannya. (Syaiful Hanif/Red)

Loading...