Embung Bernilai Ratusan Juta Rupiah Rusak, Faktor Alam Apa Faktor Kualitas

0
162
IMG-20180405-WA0093
Loading...

Buktipers.com – Pringsewu (Lampung)

Akibat curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir serta kerusakan infrastruktur bahkan tidak sedikit bangunan warga yang ikut rusak bahkan air meluap hingga kekolam ikan yang ada di bantaran sungai. Hujan lebat terjadi pada hari Selasa malam (3/4/2018) sekira pukul 19.00 wib hingga reda pukul 12.00 wib. 

Selain kerusakan pada akses jalan, salah satu embung yang ada di Pekon Podosari juga mengalami kerusakan yang cukup parah, dinding penyangga jebol akibat debit air yang melebihi kapasitas membuat tahanan pada pondasi mengalami kerusakan yang cukup fatal.

Embung yang di bangun pada Bulan Oktober tahun 2017 dengan menelan biaya sebesar Rp 345.749.000,00 oleh Pekerjaan Umun dengan rekanan perusahaan CV DENDI. 

Pembangunan embung yang belum lama selesai dibangun nampaknya porak poranda, bangunan embung tersebut bersumber dari anggaran APBD kabupaten Pringsewu pada tahun 2017 dan tergolong bangunan baru karena belum ada 1 tahun namun sudah hancur. 

Dari keterangan warga sekitar saat jurnalist buktipers.com kamis (05/04/2018) meninjau lokasi embung ternyata sangat memprihatinkan dan warga masyarakat keluhkan dengan kondisi Embung yang belum lama selesai dibangun.

“Sejauh ini kerusakan tersebut di duga akibat terkena derasnya luapan air dan belum ada pihak lain yang klaim bahwa kerusakan ini karena ada sebab lainya. 
Atas kejadian ini warga berharap kerusakan embung hendaknya secepatnya untuk diperbaiki, mengingat kerusakan ini tentunya ada pihak lain yang dirugikan tetmasuk sawah yang ada disekitar bangunan embung tersebut.”

“Warga baru mengetahui pada pagi hari dan kemudian warga beramai ramai menjadikan embung tersebut sebagai kolam pemancingan oleh warga, karena memang warga juga sudah terbiasa setiap pasca banjir disitu akan banyak ikan,”ucap warga(nang/agus/red) 

Loading...