Harlah ke-V, KMMK Promosikan Danau Siais Melalui Perkemahan Bina Karakter

0
103

Buktipers.com – Tapsel (Sumut)

Danau Siais  dinobatkan danau terluas kedua di Sumatera Utara setelah Danau Toba dengan luas yang memcapai 4500 hektar. Danau ini terletak di 40 Km dari kota Padangsidimpuan. Rute yang di jalani waktu berkunjung ke danau ini adalah dari Padangsidimpuan menuju ke arah Batangtoru dan masuk ke jalan perkebunan Hapesong kemudian menuju Desa Raniate. Selepas dari jalan aspal, jalan berubah menjadi jalan aspal yang sebelumnya rusak dan berbatu. Untuk mengenal Lebih Dekat keindahan danau siais yang berada di kabupaten tapsel (sumut).

Kelompok Muda Mandiri dan Kreatif (KMMK) Padangsidimpuan Tapanuli Selatan  Menjelajahi danau siais dengan Melakukan kegiatan Kemah Bina Karakter Pemuda, dengan mengambil  thema : Terbinanya Generasi Muda yang Berkarakter dan Peduli.

Direktur KMMK Irham Bakti Pasaribu melalui Manajer Program Parulian Hanapi didampingi Lias Harahap manajer Adm keuangan dan Yuli Yanto Manajer Kelembagaan menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka hari lahirnya (Harla)  KMMK ke -V (01-01-2013) –  (01-01-2018)

Irham Bakti pasaribu mewakili KMMK Menjelaskan  Bahwa Momentum Harlah KMMK  kali ini juga  kita Manfaatkan dalam  rangka untuk Mempromosikan  wisata Danau Siais ke dunia luar dan Mengajak seluruh komponen didaerah ini untuk lebih giat mempromosikan danau siais ini terutama pihak pemerintah kabupaten tapsel dan Pemerintah Sumatera utara,tuturnya.

Irham juga mengatakan, Saat ini menurutnya bahwa  Danau Siais merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat pas untuk dikunjungi. Karena Alamnya yang sangat indah, dan keramahtamahan penduduk sekitar terkhusus pemuda pemudinya.

Ditambah lagi, berkat dukungan Pemerintah jalur tranportasi yang sudah semakin bagus,dan memadai

Untuk itu, selanjutnya kami merekomendasikan kepada pemerintah Tapsel agar menstimulus pihak-pihak agar investasi dan ikut andil dalam pengembangan wisata Danau Siais.seperti promosi. Ke tingkat pusat dan manca negara, harapnya.

Dalam kegiatan Harlah KMMK Ketua  Irfan Hasibuan didampingi Sekretaris Panitia Jainuddin dan Bendahara Riadhoh, menyampaikan, Bahwa”Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang anggota KMMK Padangsidimpuan Tapsel”yang berlangsung selama dua hari, tanggal 31 Desember 2017 s/d 01 Januari 2018 kemarin. Ujarnya.

Lebih Lanjut irfan Memaparkan rangkaian kegiatan ini antara lain, 1) Diskusi dengan materi Kunci meraih kesuksesan dan peran pemuda dalam pembangunan daerah. 2) Outbond dan games kepemimpinan dan kesolidan team. 3) Studi wisata dan presentase. 4) Latihan orasi ilmiah untuk membina mental peserta. 5) Dialog dengan pemerintah diwakili Camat dan Kepling, dan dengan Karang Taruna juga Naposo Nauli Bulung yang berfungsi sebagai pagar ni huta.

Dalam sesi dialog dengan pemerintah, peserta berdiskusi dengan Camat Angkola Sangkunur Tohir Pasaribu juga Kepling Pak Nasution.

Camat menyambut baik kegiatan pemuda tersebut, dan berharap agar mahasiswa dan pemuda dapat berpartisipasi dalam pembangunan daerah khususnya pengembangan wisata Danau Siais, karena itulah ikon Kecamatan Angkola Sangkunur. Ditambahkannya lagi, dalam waktu yang tidak lama lagi akan dilaksanakan kegiatan festival danau Siais. Tentu kesemuaannya untuk peningkatan mutu taraf hidup masyarakat.

Selanjutnya Kepling Rianiate juga menyampaikan bahwa berterima kasih atas kunjungannya dan semoga bisa bersinergi untuk promosi wisata danau Siais.

Senada dengan itu Asmirun Nasution, Ketua Karang Taruna juga mnyambut baik kedatangan KMMK dan berharap agar bisa bekerja sama kedepannya.

Kegiatan tersebut dipandu oleh Trainer profesional, Rahmat Kurniawan Siregar, Ahmad Efendi Harahap, dan Pirmansyah Nasution.

Kegiatan ditutup pada pukul 17.30Wib dan selanjutnya para peserta pamitan untuk pulang dengan 13 motor dan 1 unit angkot.dan berharap kegiatan ini terus berkesinambungan. Ucapnya. (Ucok Siregar)