Jelang Puasa, Petani Karet Keluhkan Harga Yang Rendah

0
43

Buktipers.com – Tapteng (Sumut)

Satu minggu menjelang Bulan Puasa 2018, harga komoditi terbesar masyarakat Tapanuli Tengah yakni Karet Getah Tapteng tidak kunjung dapat perhatian .
Harga yang hingga kini masih tergolong sangat rendah di kwatirkan akan berdampak negatif bagi Masyarakat. Terutama petani Karet yang tinggal di Tapteng. Harga karet ini di prediksi tak akan bisa menutupi kebutuhan sehari hari.

Seperti halnya Harga Karet Pada Sabtu (12/05/2018ppagi ini. Sejumlah petani karet masih mengeluh dengan Harga yang di tawarkan oleh para Agen Getah di wilayah ini.

Seperti amatan awak media ini di Pasar Kecamatan Pinangsoti Kabupaten Tapanuli Tengah. Aktivitas Jual Beli Getah di Pasar ini masih sangat minim.

Salah satu warga Masundung yang di jumpai awak media ini pada saat menjual hasil Kebunnya di Pasar jual beli ini, menyatakan harga untuk Getahnya di Tawar dengan Rp 8.600 /kg.

“Saya tadi membawa getah yang di timbang saat ini,cuman di Tawar Rp 8. 600/kg.Itu karena getah nya mingguan,dan masih basah .Namum katanya kalau Getahnya agak kering bisa di hargai Rp 8700”,hingga Rp 8900/kg. Ini lah yang susah kita pikirkan,kenapa yang bisa naik naik harga Getah kita ini ?,”Keluh Pak Halawa di Lokasi.

Dari informasi yang di dapat sebelumya dari Salah seorang Agen Getah di pasar ini,menyatakan kalau Harga saat ini memang sangat rendah. Mengingat sebentar lagi akan Puasa.

“Ada juga lah pengaruhnya,sebelumnya di sini harga Rp 8800/kg.Namun hari ini kita tak bisa lagi beli dengan harga segitu,paling sanggup Rp 8700/kg,itupun sudah kita pilih pilih jenis Getahnya.” Ungkap R.Hutabarat.

Sementara itu agen Pak Rambe menyarakan kalau sat ini Getah kualitasnya kurang bagus .Akibat hujan tang tina tiba ,minggu minggu ini.

“Ini kan masih tergolong sedikit turun getah di Pasar ini.Seperti minggu kemarin masih ada kita dapat 2 sampai 3 Ton,satu Agen,Namun saat ini kita masih belum bisa prediksi,berapa nantinya muatan kita ke pabrik. Apalagi saat ini musim hujan dan Getah juga nampaknya berkurang,paling kalu di total keseluruhan getah yang ada ini paling 20-25 Ton, jadi mau bagi berapa lagi kita Agen agen ini.Sementara kira ada Puluhan mobil truk yang akan kita isi untuk berangkat nanti malam ke Tebing.” Ucap Pak Rambe.

Aktivitas jual beli di Pasar Pinangsori ini tampak sepi akibat musim hujan. Terlihat sejumlah Getah Karet yang terparkir di pinggir jalan di pasar ini masih minim.Yang sebelumnya tampak Getah getah yang parkir di sini,hampir menutupi seluruh bahu jalan sepanjang jalan pasar ini .(Job Purba)