Jelang Tahun Baru 2018, Pedagang Durian Panen Rezeki

0
158

buktipers.com – Perdagangan (Sumut)

Lian (46) seorang pedagang buah Durian yang berjualan di jalinsum Limapuluh – Perdagangan, meraup keuntungan yang drastis dari hari biasanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Lian (46) mengaku sudah menekuni usahanya tersebut selama 5 (lima) tahun, dan menurutnya saat menjelang hari besar seperti ini, dia akan mendapatkan penghasilan yang lebih banyak dibandingkan dengan hari biasanya.

Biasanya yang hanya bisa mendapatkan omset sekitar Rp 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah) namun saat hari besar seperti ini beliau bisa meraup penghasilan sekitar Rp 2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah) dengan jumlah keuntungan sekitar Rp 400.000 (empat ratus ribu rupiah) perharinya.

“Kalau udah arus lalu lintas padat begini, pokoknya paling enaklah jual durian, soalnya bakal banyak yang mampir,”ujarnya dengan senyum.

Durian yang dijualnya pun bervariasi harganya, sebab tergantung besar kecilnya buah tersebut, harga yang ditawarkannya pun cukup ekonomis, dibandrol mulai dari harga Rp 20.000 (dua puluh ribu rupiah) hingga Rp 60.000 (enam puluh ribu rupiah).

Lian juga mengaku berdagang durian adalah dagangan musiman, sebab ada empat bulan yang sama sekali tidak ada buah atau bahannya, yakni di bulan April, Mei, Juni, Juli.

“jualan durian ini musiman, jadi kita harus rajinlah cari bahannya, kalau aku biasanya dapat bahan dari agen Sidikalang dan Sibolga itu dibulan (Januari, Februari, Maret, November, dan Desember) terus kalau untuk daerah lokal seperti Kampung Mangkai, Perlanaan, Parbutaran dan sekitarnya biasa dibulan (Agustus, September, Oktober) jadi kalau untuk bulan (April, Mei, Juni, Juli) itu sama sekali nggak ada bahan atau buahnya,”ujarnya.

Biasanya untuk mengantisipasi hari libur tersebut Lian bekerja lebih extra dan saat harinya telah tiba Lian pun bekerja serabutan.

Lian pun berharap agar masyarakat dapat mencintai dan menikmati buah lokal seperti durian ini dan dirinya juga berharap agar dagangannya laku dan cepat habis.

“Semoga aja minat masyarakat terhadap buah Durian ini gak luntur, sehingga aku pun berdagangnya bisa berkepanjangan dan selain itu kita juga dapat membudidayakan buah lokal ini,”harapnya. (AD/Red).