Jengkol Dari Tapteng Di Minati Pengusaha Jambi

0
244
IMG-20180109-WA0065
Loading...

Buktipers.com – Tapteng (Sumut)

Hasil Perkebunan rakyat dari Pinangsori yang satu ini ternyata tidak hanya di nikmati oleh masyarakat lokal saja.
Namun di minati oleh Masyarakat lainnya seperti masyarakat Propinsi Jambi.
Yah,namanya Jengkol.

Hal ini di dinyatakan oleh seorang pengusaha asal Propinsi Jambi (Toke Jengkol) yang di jumpai oleh awak media ini di salah satu Rumah Agen Jengkol yang berada di Pinangsori, Tepatnya di Jl.Lintas Sumatra km,27 Albion Kel.Albion Prancis Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumut,Pada Selasa (09/01/2018)

Pada awak media ini, Dia berkata kalau warga yang menampung dan mengupas kulit kulit Jengkol ini merupakan anggota dia Semua ,Dan merupakan Agen yang di modalinya.

“Kita hanya membeli dari agen kita ini, kita kasih Dia modal untuk membeli Jengkol dari warga atau dia sendiri menjemput dan kita bayar untuk itu per kilo gramnya Rp.15.000, yang telah di kupas,dan untuk yang masih dengan kulitnya kita bayar Rp.6.000,/kg.”Ungkap Fery Afriansyah (28) Pengusaha Asal Propinsi Jambi ini di lokasi.

Amatan awak media di lokasi ini ,Tampak Sejumlah Ibu ibu ambil andil dalam kegiatan mengupas Jengkol untuk di Muat kembali ke karung.

Salah seorang Ibu muda ,pekerja harian yang ikut dalam kegiatan mengupas Jengkol ini mengatakan kalau mereka adalah warga sekitar dan untuk kegiatan ini mereka di bayar Rp 500 hingga Rp 700,/kg hanya mengupas saja.
“Kita semua di sini adalah warga Albion ini,dan disini kita para Ibu ibu rumah tangga ini di gaji dengan hasil yang kita kupas, kalau 1 kg Jengkol yang kita kupas di hargai Rp.500,’ hingga Rp 700 Semua tergantung Toke nya, “Ungkap Sri (22) ,Ibu rumah tangga pekerja Pengupas Jengkol di lokasi.

Dan mereka (ibu ibu perkerja.red) juga menyatakan dalan sehari mereka rata rata mengupas jengkol ini hingga 100 kg sampai 150 kg /orang.
Sementara ketika di tanya siapa pemilik dari Jengkol jengkol ini,
Ibu ibu para pekerja menyebutkan seseorang, namum lagi ke luar daerah.
Tampak di lokasi satu unit Mobil Truk telah menunggu muatan jengkol jengkol yang telah selesai di Kupas agar di muat.

Pada awak media ini ,Sopir Truk yang merupakan anggota dari Ardansyah Toke asal Jambi ini ,menyatakan kalau Jengkol jengkol dari Pinangsori sering Dia bawa biasa nya 5 Ton sampai 7 Ton, dan sangat di minati masyarakat di Jambi untuk di jadikan keripik.

“Kalau kita biasa membawa Jengkol dari sini sekitar 5-7 Ton sekali muat .
Dan kita masuk Tiap minggu kemari.
Dan itu yang 7 Ton semua sudah dalam posisi terkelupas kulitnya dan siapa di Pasarkan Di Jambi. Biasanya Jengkol dari Daerah ini sangat banyak di minati di Jambi,dan para pengusaha Kripik selalu menunggu nunggu Jengkol dari Pinangsori ini.”Ungkap IIdhan (35) supir Truk asal Jambi ini.(JP)

Loading...