Kapal Pembangkit Listrik MV Karadeniz Powership Tiba Di Pelabuhan Belawan

0
305
IMG-20171203-WA0026

BuktiPers.Com – Medan (Sumut)

Kapal Pembangkit Listrik Terapung MV Karadeniz Powership (KP) Onur Sultan, tiba di Perairan Medan. Kapal asal Turki ini didatangkan untuk memenuhi pasokan listrik di Sumatera Utara.

“Kapal MV KP Onur Sultan telah tiba di Laut Belawan,” sebut Kepala Humas Syahbandar Pelabuhan Belawan, Wasfina, Minggu (3/12/2017).

Wasfina mengatakan, rencananya kapal tersebut akan bersandar di Dermaga PLTGU SIcanang Belawan, hari ini. Kapal berbobot besar dan panjang itu, akan ditarik menggunakan enam unit kapal tugboat menuju dermaga kapal milik PLN. Selama perjalanan, kapal dikawal oleh kapal syahbandar yang sudah dalam posisi siaga di tengah laut.

Pengosongan aktivitas pelayaran di perairan Belawan pun dilakukan sementara waktu, untuk berlabuhnya kapal pembangkit liatrik ini.

“Karena ukuran kapal cukup besar dan panjang, jadi alur pelayaran harus dikosongkan sementara waktu dan keluar masuknya kapal lain ke Pelabuhan Belawan ditutup sementara waktu,” ujar Wasfina.

Kapal dengan panjang 300 meter dan lebar 46 meter tersebut, memiliki kapasitas 240 MW (Megawatt). Pemerintah menyewa kapal ini untuk memenuhi pasokan listrik di Sumatera Utara, yang sampai saat ini masih kurang, sehingga kerap kali terjadi pemadaman listrik bergilir. (DS/Red)