Kapolres Morotai : “Malam Takbiran Lakukan Penjagaan Super Ketat”

0
33

Buktipers.com – Pulau Morotai (Malut)

Personil Polres Pulau Morotai yang akan diterjunkan sebanyak 203 orang untuk melakukan penjagaan dan pengawasan selama malam takbiran, pawai obor hingga puncak hari raya Idul Fitri. 

Kapolres Pulau Morotai AKBP Michael P. Sitanggang saat dikonfirmasi media ini Selasa (12/06/2018) di kantornya, mengungkapkan pihak kepolisian akan semakin ketat melakukan pemantauan di setiap titik-titik keramaian selama malam takbiran, pawai obor hingga puncak hari raya Idul Fitri.

“Kami harapkan kepada seluruh personil baik di Polres maupun Polsek agar melakukan penjagaan dan pemantauan di setiap titik-titik keramaian”, katanya. Selain itu juga mengenai dengan arus mudik penumpang baik menggunakan jalur darat, kapal laut, speed maupun menggunakan pesawat, pihak kepolisian tetap melakukan pemeriksaan super ketat di setiap penumpang maupun kendaraan yang mau bepergian mudik lebaran.

“Jika dalam mudik lebaran ditemukan penumpang kapal, speed, mobil dan pesawat membawa minuman keras, maka kami akan amankan. Karena saat ini masih suasana bulan puasa menjelang hari raya”, tegasnya. Bukan hanya pemeriksaan para penumpang, tetapi kendaraan yang dibawah oleh penumpang ketika naik atas kapal laut tetap diperiksa. 

“Pemeriksaan para penumpang dan kendaraan sebelum naik ke kapal itu sangat penting, karena untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan selama berlayar”, ucapnya. Selain itu juga selama hari raya, pihak keamanan tetap melakukan penjagaan super ketat di setiap masjid yang ada di desa-desa di lima kecamatan Pulau Morotai. Mengenai dengan lonjakan penumpang kapal sangat signifikan, yang sebelumnya kapal laut KM Geovani dan KM Ratu Maria dengan rute Morotai-Ternate dengan kapasitas penumpang 200 orang lebih, namun karena menjelang hari raya terjadi lonjakan penumpang hampir 300-400 orang.

“Arus mudik lebaran maupun arus balik yang diperkirakan pada 20-21 Juni mendatang, tetap kami melakukan pemantauan dan pengawasan di setiap pelabuhan, terminal maupun bandara”, jelas Kapolres.(lex-mor)