Kecamatan Silou Kahean Juara Umum PRB Ke 32

0
339
Bupati Simalungun serah tropy bergilir kepada kecamatan silou kahean
Loading...

BuktiPers.Com – Simalungun (Sumut)

Pesta Rondang Bintang (PRB) ke-32 yang berlangsung sejak tanggal 18 s/d 20 Agustus 2017 di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon tepatnya di Pantai Bebas, Parapat Kabupaten Simalungun usai sudah. Berbagai kegiatan perlombaan olah raga tradisional, seni dan budaya Kabupaten Simalungun telah digelar dan sebagai juara umum adalah Kecamatan Silou Kahean.

Dari acara penutupan tersebut dikatahui seharusnya yang menjadi juara umum adalah Kecamatan Raya dan juara kedua yakni Kecamatan Bosar Maligas, namun dua kecamatan ini datang ke panggung untuk mengambil hadiah hanya diwakilkan camatnya saja.
Melihat hal ini, Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM sangat kesal. Pasalnya, dua kecamatan tersebut menganggap Pesta Rondang Bintang hanya sebatas ceremonial semata. Alhasil, dua kecamatan tersebut digugurkan.

“Budaya adalah perbuatan dan tingkah laku bukan sebatas pakaian, serta mencerminkan tingkah laku dan perbuatan. Seperti misalnya kecamatan Raya dan Bosar Maligas tidak ada orangnya yang datang hanya diwakilkan camatnya saja. Bagi saya ini gugur, karena saya ingin mereka belajar memiliki etika dan bukan menganggap Pesta Rondang Bintang sebatas ceremonial,” tegas Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM saat menutup PRB ke-32 tahun 2017 di Pantai Bebas, Parapat, Kabupaten Simalungun, Minggu (20/8/2017).

Selanjutnya Bupati mengatakan bahwa PRB tahun ini menjadi pelajaran berharga buat Kabupaten Simalungun agar kedepan dalam melaksanakan Pesta Rondang Bintang harus dengan serius bukan dianggap sebelah mata.

“Kalah atau menang semua harus tampil. Harus saling menghargai, jangan tinggalkan camat kalian di sini karena
kesetiaan dibutuhkan untuk membangun budaya di Indonesia dan itu harus ditanamkan di Simalungun,” tandasnya.
Dengan digugurkannya Kecamatan Raya dan Bosar Maligas, maka otomatis juara umum PRB ke-32 Kabupaten Simalungun tahun 2017 yakni Kecamatan Silou Kahean yang menggeser Kecamatan Raya akibat digugurkan, kemudian Kecamatan Bosar Maligas diganti oleh Kecamatan Purba dan juara ketiga adalah Kecamatan Bandar Huluan. (01/Red)

Loading...