Ketua KPS BB Kelapa Hutaimbaru : Batok Kelapa Bisa Menghasilkan Pundi-Pundi Uang.

0
297
IMG-20180121-WA0113

BuktiPers.Com – Padangsidimpuan (Sumut)

Pohon kelapa dimana tiap bagiannya hampir memiliki kegunaan dan fungsi, mulai dari akar sampai daunnya. Salah satunya bagian kelapa tersebut yang bisa di buat jadi bermamfaat bahkan bisa menghasilkan pundi-pundi uang yaitu pada batok atau tempurung kelapa. Batok kelapa bisa di manfaatkan jadi arang, selain di manfaatkan untuk arang juga bisa menjadi kerajinan tangan yang sangat tinggi nilainya.

Salah satu warga Padangsidimpuan Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru dan juga Ketua Kelompok Pengerajin Souvenir (KPS) BB Kelapa Hutaimbaru Erijon DTT (53) yang memamfaatkan batok kelapa menjadi kerajinan tangan yang memiliki fungsi dan bernilai jual seperti souvenir gantungan kunci, pot bunga, bunga dari batok kelapa, teko, cangkir dan asbak.

Kepada BuktiPers Erijon DTT melalui hanphone selulernya, Minggu (21/01/2018) mengatakan, selama ini masyarakat memanfaatkan batok kelapa hanya untuk arang semata. Menurut Erijon batok kelapa di buat menjadi kerajinan tangan akan memiliki nilai artistik serta unik dan memiliki nilai jual tinggi.

“Beberapa produk batok kelapa yang saya kerjakan sekarang ini sudah ada memesan, sebanyak 3 lusin (36 buah) oleh pemilik Toko Bolu Salak Kenanga Jalan Kenanga. Untuk pesanan, kita juga bisa buat seperti souvenir pernikahan “katanya

Lebih lanjut di katakan Erijon kerajinan tangan batok kelapa yang di kerjakan di bawah naungan Kelompok Pengerajin Souvenir (KPS) BB Kelapa Hutaimbaru ini sudah ikut serta dalam Festival oleh-oleh Tabagsel 15-17 Desember tahun 2017 yang lalu.

Erijon juga menyampaikan untuk masyarakat Kota Padangsidimpuan yang ingin berlatih ataupun mau jadi anggota, bengkel kelompok pengerajin souvenir terbuka untuk umum dan akan dilatih sampai mahir serta di berdayakan.

Di ungkapkan Erijon untuk harga kerajinan batok kelapa yang di hasilkan KPS BB Kelapa Hutaimbaru berpariasi.

“Untuk harga yang kita tawarkan untuk kerajinan tangan batok kelapa berfariasi, tergantung tingkat kesulitan pengerjaannya”ujarnya.

Dikatakan Erijon, untuk aneka kerajinan yang diukir, dibandrol dengan harga Rp 10.000 sampai Rp 300.000. Sedangkan untuk kerajinan tangan seperti teko, celengan dan mangkok dibanderol dari harga Rp 25.000 sampai Rp 150.000.(Idham Halid Siregar).