Kondisi Tanggul Penahan Banjir Desa Gelung Sangat Memprihatinkan

0
140
IMG-20180313-WA0062
Loading...

Buktipers.com: Aceh Tamiang (Aceh)

Tanggul penahan banjir Sungai Tamiang yang terdapat di Desa Gelung Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, kini sudah sangat memprihatinkan.

Hal ini terlihat dari kondisi ruas badan tanggul yang sudah di tempal menggunakan karung berisi tanah sepanjang kurang lebih 8 sentimeter, dan di perkirakan 120 senti meter tanggul di areal tersebut juga sudah retak dan pecah.

Informasi yang berhasil di himpun Buktipers.com beberapa waktu lalu dari Muhazir selaku Kepala Desa di Desa Gelung, menyebutkan, mengenai permsalahan ruas badan tanggul yang di tampal menggunakan karung berisi tanah tersebut dari pihak Pekerjaan Umum (PU) setempat sudah berulang kali melakukan peninjau kelokasi guna handak melakukan perbaikan terhadap tanggul tersebut.

“Pemilik tanah di lokasi tanggul meminta uang ganti rugi sebanyak delapan puluh juta Rupiah sehingga realisasi untuk perbaikan tanggul untuk saat ini di tunda dulu,karena uang untuk pembayaran ganti rugi tidak ada tertuang dalam anggaran. Padahal kondisi tersebut sangat mendesak dikarenakan menyangkut hajat hidup orang banyak atau keselamatan warga yang tidak hanya warga yang bermukim disepanjang bantaran sungai akan tetapi, bila sewaktu-waktu tanggul tersebut jebol maka air sungai akan meluap hingga ke beberapa Desa sekitarnya seperti, yang sudah terjadi di beberapa waktu lalu”,kata dia.

Salah seorang warga yang berdomisili di sekitar bantaran sungai,menyebutkan, tanggul yang sudah di tampal menggunakan karung berisi tanah tersebut pada tgl (5/1/2018) roboh di terjang arus Air sungai Tamiang sehingga ratusan rumah Warga Desa Gelung sejumlah 168 KK teremdam Air.

“Seharusnya pemilik tanah memberi izin kepada Pemkab setempat untuk memperbaiki ruas badan Tanggul tersebut karena dikhawatirkan tatkala memasuki musim penghujan, maka air sungai akan meluap dan dinilai akan dapat menelan jatuhnya korban, terutama jika hal tersebut terjadi dimalam hari” jelasnya [Afrizal]

Loading...