Koramil 03/Limapuluh Tanggap Atasi Masalah Banjir

0
421
IMG-20171229-WA0052
nonton film sub indonesia

Buktipers.com – Batubara (Sumut)

Pasca turunnya hujan yang terjadi beberapa hari terakhir mengakibatkan 43 rumah dan 15 Ha lahan semangka di Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara terendam air.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir yang terjadi pada Kamis (28/12) sekitar jam 23.00 wib, disebabkan akibat kiriman air hujan dari daerah Simalungun melalui Sungai kampung Mangke Lama dan meluapnya Sungai Petai, Sungai Busuk dan pasang air laut Tanjung Tiram.
Hasilnya 16 rumah di Desa Empat Negeri,12 rumah di Desa Simpang Dolok, 15 rumah dan 15 Ha lahan semangka di Desa Kuala Gunung terendam air dengan ketinggian 60 cm.

Aksi cepat tanggap yang dilakukan Koramil 03/Limapuluh yang dipimpin langsung oleh Mayor Inf Makmur Siahaan menjadi pusat perhatian warga sekitar, diantaranya mendirikan pos bencana banjir oleh BPBD Kabupaten Batubara di Desa Kuala Gunung, serta mengungsikan beberapa warga yang sakit seperti Ibu Siti Fatimah (95), Ibu Patena (65), dan Bapak Ahmad Yani (49).

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Dandim 0208/Asahan melalui Perwira Penghubung sebagai plt Danramil 03/Limapuluh Mayor Inf Makmur Siahaan, 6 orang personil dari Koramil 03/Limapuluh, Camat Limapuluh Sudarto SE, Kepala BNPB Batubara Azwar, Kadis Lingkungan Hidup Zainal Manurung, Kades Empat Negeri Suminah, Kades Kuala Gunung Jum’ah Khaidirsyah, Kades Simpang Dolok Yusnan, dan Supervisor PPL Pertanian.

Ditengah peninjauan lokasi, Mayor Inf Makmur Siahaan mengatakan banjir terjadi akibat kiriman air hujan dari hulu ke hilir serta meluapnya air laut Tanjung Tiram, dan dirinya mengaku pihaknya telah turut membantu mengevakuasi beberapa korban banjir ke tempat yang lebih aman.

“Kita percaya air berasal akibat turunnya hujan beberapa akhir ini, sehingga mengakibatkan air mengalir dari hulu ke hilir, ditambah lagi dengan kondisi meluapnya air laut Tanjung Tiram saat ini, dan sejauh ini kita juga sudah mengevakuasi beberapa korban banjir ketempat yang lebih aman,”ujarnya.

Mayor Inf Makmur Siahaan juga berharap semoga banjir cepat teratasi sehingga warga dapat beraktivitas kembali dengan normal.
“Semoga saja airnya cepat surut sehingga warga bisa beraktivitas kembali dengan normal,”ujarnya.

Pantauan Wartawan hingga Jumat (29/12), air sudah surut dan warga sudah mulai kembali kerumahnya masing-masing. (Dwi)