Kunker kapolda Lampung, Ini Hasil Dialognya

0
125
IMG-20180130-WA0083

Buktipers.com – Tanggamus (Lampung)

Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Suntana, M.Si didampingi pejabat utama Polda melaksanakan kunjungan kerja di Polres Tanggamus, Selasa (30/1/18) pagi.

Bertajuk Tatap Muka bersama jajaran Forkopimda, Toga, Tomas, Toda, Bhabinkantibmas dan Bhabinsa Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu. Kali ini kunjungan kerja Kapolda Lampung di Polres Tanggamus, sedikit berbeda seperti kunjungan Kapolda terdahulu. Kapolda Irjen Pol Drs. Suntana, M.Si langsung membuka sesi dialog mendengarkan keluhan-keluhan para tokoh perwakilan Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu.

“Kami, Polda Lampung datang kesini khusus mendengarkan keluhan dan aspirasi masyarakat Tanggamus dan Pringsewu, sehingga kami dapat membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat” ujar Irjen Pol Drs. Suntana, M.Si dilanjutkan sesi dialog.

Dialog pertama didahului Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I mengungkapkan bahwa selama pelayanan Polres Tanggamus terhadap masyarakat cukup baik. Bupati juga berharap Polda Lampung dan Polres Tanggamus dapat mengamankan wilayah laut sehingga tidak ada kriminalitas dan Narkoba di perairan.

“Pelayanan Polres Tanggamus kepada masyarakat cukup baik dan dalam menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2018, sinergitas TNI-Polri juga cukup baik,” tutur Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi.

Bupati juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2017 Pemkab Tanggamus telah menghibahkan tanah untuk Mako Brimob, dengan harapan secepatnya dibangun sehingga dapat meminimalisir dan mencegah kejahatan-kejahatan diwilayah barat serta pengamanan wilayah penghubung antara Tanggamus, Lampung Barat dan Pesisir Barat.

“Dalam pembangunan Mako Brimob di Bandar Negeri Semuong. Pemkab Tanggamus akan mendukung penuh pelaksanaannya,” ungkap Bupati Tanggamus.

Adapun Wakil Bupati Pringsewu Hi. Fauzi mengatakan, kerjasama Polres Tanggamus dan Pemkab Pringsewu berjalan dengan baik. Dan Wakil Bupati lebih menitik beratkan pada harapan berdirinya Mapolres Pringsewu, pelayanan izin kegiatan olahraga malam hari cukup di Polsek.

Kemudian ada juga permintaan dari tokoh masyarakat Pringsewu jangan ada aparat Kepolisian yang membekingi suatu masalah di masyarakat seperti adanya sengketa tanah.

Kabupaten Pringsewu terdiri dari 9 kecamatan, dibackup oleh 5 Polsek. Sehingga menjadi PR bersama karen jumlah anggota dan luas wilayah. seperti contoh Sukoharjo, Polsek Sukoharjo, Adiluwih dan Banyumas. Sisi lain pergerakan masyarakat pasa hari Sabtu, Minggu maupun libur, Pringsewu menjadi tempat berlibur atau tempat pendidikan.

“Dari hal tersebut, Pemkab Pringsewu beraharap dapat segera dibangun Polres Pringsewu sehingga pelayananan masyarakat dapat lebih maksimal,” pinta Hi. Fauzi.

Menanggapi harapan Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi tersebut Kapolda Irjen. Pol. Drs. Suntana menyatakan akan merealisasikan asalkan ada lahan yang siap dibangunkan Markas Brimob, begitu juga dengan berdirinya Mapolres Pringsewu harus ada lahan hibah dari Pemda.

Kemudian terkait adanya indikasidi beking aparat terkait lahan yang bermasalah di masyarakat, diintruksikan Polsek setempat untuk mengawasi dan menyelesaikan masalahnya.

“Untuk Markas Brimob di Tanggamus dan Mapolres Pringsewu harus ada lahan hibah Pemda, dan jika ada bantuan dana hibah untuk pembangunan fisik ya lebih bagus. Namun jika tidak ada kita juga ada dana ya untuk membangunnya. Dan untuk Bhabinkamtibmas saya harapkan, lebih membaur kepada masyarakat, jangan sampai saya tanya siapa warga termiskin di wilayahnya tidak tahu, kalau juragan disana saya yakin anggota tahu,” ujar Irjen. Pol. Drs. Suntana. (anang/agus/red)