Lakukan Sterilisasi Sel SementaraTahanan Di Pengadilan Negeri (PN) Medan

0
55

BuktiPers.Com – Medan (Sumut)

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejaksaan Negeri Medan, Parada Situmorang, menegaskan agar ruang sel sementara di Pengadilan Negeri (PN) Medan, harus steril dari pengunjung. Setiap pengunjung sekarang, tidak diperbolehkan lagi memberikan langsung kepada tahanan berupa bungkusan apapun termasuk makanan.

“Ruang tahanan sementara ini harus steril dari pengunjung. Ini bukan rutan, tidak bisa sembarangan orang bisa masuk. Tidak ada lagi keluarga yang bisa langsung berikan makanan ke tahanan. Harus periksa semua barang yang masuk, dan kita harus antisipasi barang yang bisa menimbulkan tindak Pidana,” ujar Parada Situmorang, ketika berkunjung ke PN Medan, Rabu (29/11/2017) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Parada, berjanji akan terus mengevaluasi proses kedatangan dan kembalinya para tahanan dari PN Medan ke Rutan Klas IA Tunjung Gusta Medan.

“Tahanan ini merupakan tanggung jawab kita. Jadi jangan ada miss komunikasi dan miss koordinasi lagi. Aparat Polisi ini tugasnya hanya melakukan pengawasan saja,” jelas Parada pada sejumlah petugas pengawal tahanan.

Parada juga memberi himbauan dan arahan kepada sejumlah petugas pengawal tahanan, dan juga berdiskusi mengenai mekanisme memasukkan para tahanan ke ruang sel sementara pasca renovasi gedung PN Medan.

“Saya minta SOP – nya seperti tadi. Mobil tahanan harus masuk terlebih dulu ke dalam baru tahanan diturunkan selanjutnya langsung lakukan penghitungan tahanan satu persatu,” tutur Parada. (DS/Red)