Lemahnya Pengawasan Perijinan Usaha Warnet di Kabupaten Samosir

0
174
Oleh: Jan’s Sidabutar
Bukti Pers – Samosir (Sumut)
Perkembangan dunia yang sangat cepat, membuat kemajuan di bidang ilmu dan teknologi makin berkembang. Salah satu teknologi informasi yang berkembang saat ini adalah layanan informasi melalui internet. Di Samosir internet sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat Samosir yang mengguna layanan ini. Informasi melalui internet dapat mereka peroleh dari warung-warung internet yang ada.
Di warung internet atau warnet ini mereka dapat menyewa berupa fasilitas yaitu berupa perangkat komputer yang telah terhubung pada akses internet. Warung internet merupakan salah satu dari kemudahan yang dapat dinikmati oleh masyarakat pengguna layanan ini. Bertambahnya kebutuhan masyarakat terhadap informasi melalui internet ini membuat pengusaha penyedia warnet di Samosir semakin bertambah, hal ini dapat dilihat dengan mulai banyaknya warung-warung internet di Samosir yang ada pada saat ini.
Sejumlah orangtua dan kalangan masyarakat Samosir, mengkhawatirkan dampak negatif yang ditimbulkan atas keberadaan warung internet dan game online, yang mana menjadi salah satu tempat hiburan bagi anak-anak sekolah. Apalagi sekarang keberadannya sudah menjamur dengan status ijin usahanya tidak jelas dan kini hampir ada di setiap sudut di Kabupaten Samosir.
Di satu sisi, saat ini pengawasan pemerintah Kabupaten Samosir terhadap perijin dan operasional tempat hiburan tersebut dinilai sangat lemah. Selain harapan peran orang tua sebagai pengawas untuk anak-anaknya, pemerintah yang mana sebagai pemegang ijin operasional dan pengawasan tempat hiburan tersebut dituntut harus lebih aktif dan tegas.
Jangan sampai sangat lemahnya pengawasan dan perijinan warung internet dan tempat hiburan game online itu membuat kewibawaan pemerintah kabupaten Samosir menjadi menurun.
Untuk itulah warung internet atau tempat hiburan game online harus segera di tertibkan baik dari aturan ijin usahanya sampai ketegasan kepada pelanggar perijin dan harus ditindak.
Peran aktif masyarakat Samosir untuk menjaga anak-anaknya juga diharapkan tidak ragu-ragu untuk memberikan laporan kepada petugas. Pemerintah juga diharapkan lebih aktif terkait hal itu, karena juga menyangkut generasi penerus bangsa. (JS/Red)