Pangdam IM Membuka Ops Gaktib

0
76
IMG-20180226-WA0011-1

BuktiPers.Com – Banda Aceh (Aceh)

Panglima Kodam Iskandar Muda (IM) Mayjen TNI Moch Fachrudin S. Sos, membuka Operasi Penegak ketertiban (Opsgaktib) Waspada Wira Rencong dan Yustisi Citra Wira Rencong tahun 2018. Bertempat di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Kamis (21/2/2018) lalu.

Dalam amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P yang di bacakan Pangdam IM di sampaikan bahwa dalam pelaksanaan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi tahun ini di kembangkan ke arah peninggkatan profesional petugas dan subjek hukum melalui upaya edukasi.

“Esensi Operasi ini adalah proses lanjut dari upaya pencegahan dan penyelesaian pelanggaran hukum bagi prajurit dan PNS TNI,” tandasnya.

Hadi Tjahjanto menegaskan upaya penegakkan hukum dan disiplin prajurit menempati posisi yang sangat penting dan memberi dampak positif sebagai ketanguhan sikap serta prilaku prajurit. Panglima TNI berharap, dengan adanya Opsgaktib tersebut mampu meningkatkan disiplin dan kepatuhan hukum prajurit TNI dan PNS TNI.

“Sehingga mengeliminir, bahkan meniadakan pelanggarakan disiplin maupun hukum di lingkungan TNI yang menunjang pencapaian tugas TNI secara berdaya dan berhasil guna,” kata Pangdam IM membacakan amanat Panglima TNI.

Operasi Gaktib yang berlangsung selama satu tahun hingga akhir Desember 2018 ini, mengambil tema “Dengan Operasi Gaktib dan Yustisi tahun 2018 Polisi Militer berkomitmen meningkatkankan Disiplin, Ketaatan Hukum, Dedikasi dan Loyalitas Prajurit dalam rangka menjaga netralitas untuk mendukung tugas pokok TNI”.

Upacara Opsgaktib dan Yustisi tahun 2018 tersebut diikuti Prajurit Polisi Militer Kodam IM, Polisi Militer Angkatan Laut , Polisi Militer Angkatan Udara , Provost jajaran Kodam IM, Polri, DLLAJ, Sat Pol PP, Bea Cukai dan Dinas Perhubungan.

Upacara tersebut juga digelar barisan pengawal bermotor diantaranya, 7 unit Sepeda Motor Kawal Pom AD, 1 unit Sepeda Motor Kawal Pom AL, 4 unit Sepeda Motor Kawal PJR Polda, 2 unit Sepeda Motor Kawal Polresta, 2 unit Sepeda Motor Kawal Dishub, 3 unit Sepeda Motor Trail Pol PP/WH Aceh, 13 unit Mobil Kawal Pom AD, 1 unit Mobil Kawal Pom AL, 1 unit Mobil Kawal Pont AU, 4 unit Mobil Kawal PJR Polda dan 2 unit Mobil Kawal Polresta. (M.Irwan/Red)