PDAM Tirta Agung Wujudkan Pelayanan yang Terbaik.

0
81
IMG-20180313-WA0053

Buktipers.com – Kayuagung (Sumsel)

Guna tercapainya PDAM(Perusahaan Daerah Air Minum) yang sehat dan mandiri,PDAM Agung kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan , optimalkan pelayanan.

Direktur PDAM Tirta Agung Banarianto, ketika dijumpai buktipers.com diruang kerjanya Senin (12/03/2018) mengatakan saat ini pihaknya berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang terbaik.

Dengan lugas Bana mengatakan,pihaknya terus berupaya semaksimal mungkin untuk pengembangan instalasi PDAM di 16 unit/instalasi seperti diKayuagung, pampangan, pedamaran, sp.padang, tulung selapan, tanjung lubuk, mesuji, pangarayan, tugu mulyo, pangkalan lampam, jejawi, serinanti, bungin tinggi, kandis, lempuing dan serigeni.

Untuk peningkatan kapasitas dan jumlah sambungan ditahun 2013 kapasitas 165 liter/detik dengan jumlah pelanggan sebanyak 3.788 dan di tahun 2017 kapasitas 345liter/detik dan jumlah pelanggan mencapai 6.711.ungkapnya.

Seperti halnya Ditahun 2017  melalui dana Apbd dan apbn telah terealiasasi pembangunan IPA 40 liter/detik didesa serigeni kec.kotakayuagung dan jaringan perpipaan,optimalisasi perpipaan dan pengadaan pompa PDAM kota Kayuagung,optimalisasi perpipaan PDAM Lempuing kecamatan lempuing dan sambungan rumah sebanyak 700SR.

“Dan ditahun 2018 ini, melalui dana APBD dan APBN direncanakan untuk pembangunan perluasan jaringan perpipaan dan sambungan rumah dikecamatan pampangan, kecamatan Sp. Padang dan kecamatan kota Kayuagung serta perluasan jaringan perpipaan di PDAM Tugu Mulyo. Dengan dibangunnya IPA baru dan optimalisasi unit IKK lainnya dan adanya perluasan jaringan transmisi dan distribusi tersebut PDAM Tirta Agung menargetkan penambahan pelanggan sebanyak 3.000 pelanggan ditahun 2018. Selain itu dikatakan juga ditahun ini pihaknya akan mengajukan untuk pengadaan mobil tanki air minum, karena saat PDAM hanya memiliki satu unit mobil tanki air minum” ujarnya.

Meski segenap jajaran PDAM Tirta Agung terus berupaya memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat namun pihak PDAM mengakui banyaknya masalah yang ada.

Dari sisi air dalam(sumur bor),pada saat musim kemarau debit air berkurang berakibat kurangnya air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan kwalitas air sungai yang sering berubah-ubah menyebabkan penggunaan bahan kimia cukup banyak menyebabkan bertambahnya biaya produksi.

Dan Energi listrik PLN selalu dalam kondisi byar-pet(sering mati lampu)  dan terjadi penaikan tarif rekening listrik (PLN) secara berkala.

Serta sering terjadi kebocoran disebabkan pipa yang sudah tua berusia lebih dari 24 tahun dan terbuat dari PVC ,Asbes,dan pipa give(besi).untuk jaringan masih banyak yang berada dibadan jalan serta kegiatan perbaikan,pelebaran jalan menyumbang andil yang cukup besar terhadap kebocoran tersebut.

Dan persoalan tarif yang belum memenuhi biaya produksi sebagai  gambaran biaya produki rata-rata Rp 2.780.70/M3 sementara harga jual rata-rata Rp 2.27485M3,maka PDAM mengalami kerugian Rp.505,85/M3.maka sampai saat ini PDAM Tirta Agung masih disubsidi untuk biaya operasional oleh pemerintah kabupaten OKI.

Akan tetapi Pemerintah Daerah (Bupati OKI) sangat mendukung penuh  untuk peningkatan pelayaan dengan dikeluarkan SK.tarif baru yang  terhitung bulan juni 2017.

Kami berlakukan , sehingga PDAM Tirta Agung bisa memberikan pelayanan yang lebih baik serta kesejahteraan   pegawai bisa terpenuhi.adapun prosedur penetapan tarif,untuk penetapan tarif PDAM Tirta Agung mengacu pada keputusan Bupati OKI no.233/KEP/PDAM -TA/ 2017.

Untuk pembangunan sarana prasarana, penambahan kapasitas produksi sesuai dengan aturan PDAM Tirta Agung selalu berkoordinasi dengan Bappeda dan PUCKP Kab.OKI dalam rangka penyusunan rencana program investasi jangka menengah bidang pengembangan air minum dan juga dukungan dari pemerintah daerah ( Bupati ogan komering Ilir)serta DPRD Kab.OKI .

Sehingga kerjasama antara Pemkab.OKI dengan pemerintah Provinsi sumsel berjalan dengan baik.untuk itu kami selalu berkoordinasi dengan Balai Sumber Daya Air dan satuan kerja non vertikal (SNVT) untuk penambahan kapasitas dan jaringan perpipaan diPDAM tirta agung.ujarnya.

Terkait adanya masalah tehnis dilapangan soal pendistribusian air kesaluran rumah,silakan masyarakat kekantor PDAM Tirta Agung yang beralamat dikelurahan Paku kec.kota kayuagung kab.OKI pada saat jam kerja pukul 07.30 sampai 14.00 WIB atau kontak ke.no tlp (0712) 321350.ujar Bana mengakhiri.(man/red)