Pembukaan Semarak Pulau Pisang Berlangsung Meriah

0
46
Loading...

BuktiPers.Com – Pesisir Barat (Lampung)

Pembukaan Semarak Pulaupisang ke-3 Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Lampung tahun 2018 di Pekon Pasar Pulau Pisang Kecamatan Pulau Pisang berlangsung cukup khidmat dan meriah, Selasa (7/8/2018).

Bagaimana tidak, dalam kegiatan yang diawali dengan lomba jalan sehat yang dikemas dalam Kebut Pulau Pisang tersebut diikuti oleh ratusan pelajar dan masyarakat asli Pulau Pisang dan masyarakat pengunjung.

Hadir dalam acara tersebut Bupati-Wakil Bupati, Agus Istiqlal – Erlina, Kapolres Lampung Barat (Lambar), AKBP Tri Suhartanto, perwakilan Dandim 0422/Lambar, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, juga mantan Pj Bupati Pesibar, Qudrotul Ikhwan.

Turut hadir juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesibar, pejabat tinggi pratama, administrator dan pengawas dilingkungan Pemkab Pesibar, perwakilan kabupaten tetangga, dan masyarakat Pulau Pisang.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pariwisata (Dispar), Audi Marpi, mengatakan Semarak Pulaupisang merupakan ajang promosi pariwisata Pulaupisang oleh Pemkab Pesibar. “Untuk itu, terhadap masyarakat penggiat pariwisata untuk mengembangkan dan memaksimalkan pariwisata di Pulaupisang,” ungkap Audi.

Menurut Audi, pihaknya sudah berupaya penuh dalam mempromosikan destinasi wisata di kabupaten paling ujungnya Lampung itu, khususnya destinasi wisata di Pulau Pisang. 

“Kedepan pembangunan pariwisata di Pulau Pisang akan dikebut, mudah-mudahan sektor pariwisata di Pulaupisang bisa terus berkembang,” tandasnya.

Sementara dalam sambutannya, Bupati Agus Istiqlal menyampaikan ucapan terima kasih terhadap panitia pelaksana dan masyarakat Pulau Pisang, hingga suksesnya gelaran Semarak Pulau Pisang yang ketiga kalinya itu. 

“Acara hari ini sudah berjalan baik, untuk itu ucapan terima kasih kami sampaikan terhadap semua pihak,” ucap Agus.

Menurut Agus, Semarak Pulaupisang merupakan salah satu upaya dalam melestarikan, mengembangkan serta memperkenalkan kekayaan di Pesibar hingga ke ruang lingkup yang lebih luas.

“Dan perkembangan itu bertahap mulai terlihat sangat baik,” lanjutnya.

Dalam gelaran Semarak Pulau Pisang kali ini, masyarakat juga diberi kesempatan untuk menikmati dan memberikan masukan kepada Pemkab Pesibar dalam melaksanakan kegiatan tersebut demi lebih baik lagi kedepannya. 

“Dengan upaya tersebut, diharapkan kekayaan alam dan budaya yang ada di Pesibar, khususnya di Pulau Pisang ini akan terus eksis dan berkembang ditengah-tengah gempuran budaya dari mancanegara. Dengan harapan jangan sampai budaya dan kesenian lokal kita tenggelam dibawah dominasi budaya dan kesenian asing,” imbuh Agus

Agus juga berharap agar Semarak Pulaupisang dapat menjadi salah satu sarana menggali, mengenalkan, memasyarakatkan dan mengukuhkan eksistensi budaya dan kesenian di Pesibar. 

“Dengan demikian pada zaman yang semakin maju, budaya dan kesenian kita tetap eksis bahkan mampu menjadi daya tarik bagi bangsa lain maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung dan menikmatinya,” terang Agus. 

“Dengan terus berkarya, berkreasi dan berinovasi, maka seni budaya yang menjadi jati diri masyarakat Pesibar, dapat terus eksis ditengah kemajuan masyarakat global. Apabila ini benar-benar dapat terwujud, maka seni budaya menjadi sesuatu yang membanggakan bagi masyarakatnya, baik sebagai tontonan yang bersifat menghibur ataupun tuntunan yang memberi inspirasi dan pencerahan hidup dan kehidupan masyarakatnya,” sambungnya. 

Ditandaskan, Semarak Pulau Pisang juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan refleksi dari seluruh kegiatan atau beraktivitas masyarakat dalam berbudaya dan berkesenian dengan lebih baik lagi.

“Tentunya juga akan menambah daya tarik wisata, serta akan semakin memperkuat eksistensi para seniman di masyarakat. Kegiatan ini diharapkan akan memunculkan pemahaman bahwa kesenian bukan hanya milik seniman atau pelaku seni semata, namun juga milik masyarakat,” pungkasnya.  (Andi/Red)

Loading...