Pemkab Simalungun Gelar Perayaan Hari Ulos (Hiou) Tahun 2017

0
523
IMG_20171014_155733

BuktiPers.Com – Simalungun (Sumut)

ULOS adalah kain tenun khas Batak berbentuk selendang yang memiliki makna khusus bagi kehidupan masyarakat Batak, dinilai perlu untuk dilestarikan bukan saja sebagai daya tarik pariwisata, melainkan ada nilai yang terkandung di dalamnya.

Pemkab Simalungun, menggelar perayaan Hari Ulos (Hiou) Tahun 2017 dengan membawa Thema “ULOS FOR THE WORLD”, yang dirayakan di Pantai bebas Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Sabtu (14/10-2017).

Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, S.IK, MH turut hadir dalam perayaan tersebut. Wakil Ketua DPD RI Ibu Hj. Prof. Dr. Ir. Damayanti Lubis, Ketua Yayasan Pemberdayaan Perempuan Indonesia Ibu Heny Magdalena Pasaribu, SH, MH, Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM, Dan Dim 0207/ Simalungun Letkol Inf. Oni Kritstiyono Goendong, SH, Partuha Maujana Simalungun, Sejumlah Pejabat SKPD Pemerintah Kabupaten Simalungun, Camat Girsang Sipangan Bolon James Andohar Siahaan, S.STP dan Kapolsek Parapat AKP H. Sihombing juga hadir dalam kegiatannya.

Saat perayaan berlangsung, para tamu undangan berkesempatan menyambangi para penenun ulos yang berasal dari Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun di Stand Galeri Pertenunan yang bertempat di Pantai Bebas Parapat.

Bupati Simalungun memberikan cindera mata kepada Wakil Ketua DPD RI dan Ketua Yayasan Perempuan Indonesia. Selain itu, acara dimeriahkan dengan Fashion Show Ulos oleh SMK Negeri 3 Tapian Dolok Sinaksak. Perayaan Ulos ini, direncanakan akan digelar selama 2 hari (14 – 15 Oktober 2017). (01/Red)