Pemko Tanjungbalai Peringati Hari Koperasi Ke 71

0
17
Loading...

Buktipers.com – Tanjungbalai (Sumut)

Wali Kota Tanjungbalai diwakili Asisten Ekbangsos Drs.H Abdul Hayyi Nasution menghadiri acara peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 tingkat Kota Tanjungbalai yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Tanjungbalai di Gedung Dharma Wanita, Jalan Gereja Kota Tanjungbalai, Kamis, (13/9/2018).

Pada kesempatan itu, Asisten Ekbangsos Drs.H Abdul Hayyi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelaku koperasi yang sudah bekerja dengan hati demi pertumbuhan ekonomi dan perkoperasian di Kota Tanjungbalai.

Menurutnya, pelaku koperasi adalah sumber daya berkualitas yang sangat mendukung perkembangan perekonomian rakyat di Kota Tanjungbalai. “Tanpa mereka mungkin koperasi tidak berkembang dan tumbuh sampai sejauh ini,” ujar Asisten Ekbangsos.

Meski demikian Pemko Tanjungbalai mengakui masih banyak juga koperasi yang belum berhasil dan memiliki permasalahan intern. Di samping itu juga kesulitan modal maupun persoalan organisasional lainnya. Kemudian masih banyak pula anggapan negatif dan pandangan pesimis sebagian masyarakat terhadap peran dan fungsi koperasi.

“Semua ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi untuk mewujudkan amanat UUD 1945 pasal 33 yakni perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan. Untuk itu tema Hari Koperasi tahun ini yaitu “Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi.”

Saat ini perkembangan koperasi di Kota Tanjungbalai mencapai 111 Koperasi dengan jumlah anggota 9.820 orang, Dana Koperasi dengan Modal Sendiri sebesar Rp 27.846.660.000, Modal Luar Rp 20.347.921.000, Total Asset Rp 48.194.581.000, Volume Usaha Rp 46.907.678.000 dan sisa Hasil Usaha Rp 5.100.411.000

“Saya pesankan, koperasi merupakan bangun usaha yang diatur secara konstitusional. Oleh karena itu saya berharap dengan spirit peringatan Hari koperasi tahun ini, saya mengajak kita semua untuk menjadikan Kota Tanjungbalai semakin bertumbuh dalam Koperasi. Kita harus bisa menunjukkan bahwa koperasi juga bisa kompetitif seperti hanya bangun usaha lainnya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tanjungbalai, Nedi Hamlet menjelaskan peringatan Hari koperasi ke 71 tingkat Kota Tanjungbalai ini bertujuan untuk memberikan dan menginformasikan kepada masyarakat tentang perkoperasian. Selain itu memberikan motivasi dan Sipirit bagi perkembangan dan kemajuan koperasi di Kota Tanjungbalai dan untuk bertukar informasi antara perkumpulan koperasi dan Pemerintah Kota.

Dalam peringatan Hari Koperasi tahun ini, Kadis Koperasi Nedi Hamlet mengatakan diisi beberapa kegiatan seperti Lomba Tangkas Terampil Koperasi tingkat SMA/SMK, Koperasi Terbaik Tingkat Kota Tanjungbalai dan Kader Koperasi Terbaik.

Pemko Tanjungbalai melalui Dinas Koperasi dan UKM menyerahkan penghargaan kepada pelaku koperasi berprestasi dan tokoh serta penggiat koperasi di Kota Tanjungbalai.(Gani/Fauzi)

Loading...