Peningkatan Pengguna Internet Tak Sejalan Dengan Tingkat Literasi

0
70
IMG-20180228-WA0030

Buktipers.com – Jakarta

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkomimfo) menyebut setiap tahun pengguna internet di Indonesia semakin meningkat. Pengguna internet saat ini lebih 54 persen, mayoritas berusia 35 tahun.

Namun sayangnya peningkatan penguna internet itu tidak sejalan dengan peningkatan kualitas literasi penggunaanya. Sehingga, akibatnya adalah masyakarat gampang percaya dengan informasi-informasi yang tidak jelas bertebaran di media sosial atau hoaks.

“Pengguna internet semakin tinggi, namun literasi belum jalan dengan baik,” kata Dirjen Aptika Kemenkominfo, Samuel Abrijani Pengerapan dalam diskusi Ikatan Wartawan Online (IWO) dengan topik

“Media di Antara Pusaran Pilkada dan Hoaks” di Wisma PKBI, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Rabu (28/2).

Peningkatan yang tajam itu dengan literasi rendah itulah yang menjadi gap di masyarakat saat ini. Masyarakat mudah berpengaruh dengan hoaks. Ini yang kita hadapi saat ini,” katanya.

Ia mengatakan, awal mula munculnya, orang menggunakan internet berdasarkan norma etika dan kepercayaan kepada orang lain. Untuk itu, ia mendorong kepada masyarakat untuk menggunakan internet berdasarkan etika dan norma yang berlaku. “Dulu internet tanpa etika tidak ada manfaatnya. Ini yang kita harus bangun agar pemanfaatanya lebih optimal,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, hoaks tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di negara lain. Ia mendorong agar masyarakat yang menggunakan media sosial untuk menciptakan konten-konten yang positif, karena pengendauan itu ada di tangan masyarakat itu sendiri.

“Dipengendalian kita bekerja sama dengan kepolisian, atau sampai penegakkan hukum,” ujarnya.[Job Purba]