Polantas Polres Siantar Diduga Razia Ilegal Di Depan Polsek Siantar Marihat

0
1466
IMG_20170825_201107
Loading...

BuktiPers.Com – Pematangsiantar (Sumut)

Dalam menjalankan tugasnya, Polisi diharap bekerja sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh undang-undang maupun peraturan yang ada, termasuk dalam pelaksanaan razia maupun pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan dan peralatan pengemudi.

Namun kenyataan di lapangan, sepertinya pelaksanaan razia sering tidak sesuai aturan maupun prosedur sehingga patut disebut “Razia Ilegal”.

Seperti yang terjadi hari Kamis (25/8/2017) lalu, kegiatan razia Polisi lalu lintas Polres Siantar diduga dilakukan secara ilegal karena tidak memasang plang kegiatan dan dinilai mengganggu aktifitas masyarakat pengguna jalan dari Pematang Raya menuju Siantar maupun sebaliknya, kegiatan tersebut berjalan sangat lama. Dimana diperkiran kegiatan dimulai pagi hari hingga sore pukul 16.00 WIB, petugas masih “mencari pengendara yang tidak mengikuti peraturan lalin”.

Anehnya petugas yang melaksanakan razia bertindak bagai “begal” dalam mencegat dan menghentikan pengendara yang dinilai sebagai pelanggar aturan berlalu lintas. Sehingga masyarakat yang melintas banyak mengeluhkan hal tersebut.

“Ini polisi atau begal, plank tidak dipasangkan dan petugas memilih berdiri dibawah pohon yang di pinggir jalan dan secara spontan memberhentikan pengendara,” sebut salah seorang warga.

Warga juga menyayangkan cara razia yang dipertontonkan di depan Mapolsek Siantar Marihat tetsebut. Menurut warga seharusnya pelaksanaan razia ada batasan waktu. Tujuan kegiatan Razia kendaraan seharusnya untuk menindak dan memberi pemahaman pada pengendara terkait lalulintas/peraturan yang berlaku.

Amatan di lokasi razia, malah menyebabkan banyak kendaraan yang parkir tidak jauh dari lokasi razia karena merasa tidak memiliki kelengkapan surat-surat, hal ini kerap mengganggu aktivitas pengemudi lainnya.

Saat salah seorang petugas dikonfirmasi terkait keluhan masyarakat tersebut, malah dijawab dengan kata-kata yang kurang beretika dan terkesan angkuh.

“Itu bukan urusanmu,” ungkap Polisi yang label namanya ditutupi rompi khas Lalulintas berwarna hijau dan saat ditanya namanya, enggak menjawab. (RS/Red)

Loading...