Polres Kota Padangsidimpuan Gelar Pemusnahan Barang Bukti Narkoba Jenis Ganja 49 Kg

0
172
IMG-20180315-WA0035
Loading...

BuktiPers.Com – Padangsidimpuan (Sumut)

Kepolisian Resort Kota Padangsidimpuan memusnahkan barang bukti ganja seberat 49 kilogram di halaman Mapolresta Padangsidimpuan, Jalan Mayor lian Kosong, Kota Padangsidimpuan, kamis (15/3/2018).

“Barang bukti merupakan‎ hasil penanganan kasus narkoba jenis ganja dalam kurun waktu satu bulan terakhir dengan tiga  tersangka,” kata Kapolres Kota Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, SIK. MH.

Menurut kapolres pemusnahan bisa dilakukan meskipun kasus peredaran narkoba itu belum masuk ranah pengadilan. “Sesuai amanat undang-undang itu, penyidik berwenang memusnahkan barang bukti yang ada setelah dilakukan penyisihan barang bukti,” ucapnya.

Penyidik tetap memiliki sampel barang bukti yang bisa diperlihatkan kepada hakim sebagai barang bukti.

Hilman menambahkan, Kota Padangsidimpuan kini bukan hanya menjadi lokasi pemasaran/peredaran barang-barang haram tersebut. Namun,daerah ini telah menjadi target para bandar untuk mengedarkan narkoba dalam berbagai jenis.

“Di sejumlah kasus, petugas sudah berhasil berbagai pengungkapan peredaran narkoba, baik itu pengguna, pengedar dan bandar. Hampir setiap minggu Polres Padangsidimpuan dan jajaran melakukan penangkapan, dan perlu kita ketahui bersama maraknya peredaran disebabkan Indonesia telah menjadi pasar penjualan narkoba dunia,” jelasnya.  

Hilman juga mengungkapkan, anak, remaja dan pemuda merupakan pasar potensial peredaran narkoba di Kota Padangsidimpuan. ‎”Kita harus waspada karena sebagian besar pengguna mengarah ke anak, remaja, mahasiswa,” tuturnya.

Tak pelak, Polresta Padangsidimpuan  beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Padangsidimpuan menabuh genderang perang melawan peredaran narkoba.
“Karena dengan narkoba masyarakat menjadi tidak sehat,” ucapnya. 

Hal senada dilontarkan pejabat Walikota  Padangsidimpuan H. Sarmadan Hasibuan di hadapan Wartawan, Kamis (15/03/2018)  agar peredaran narkoba di daerah ini, harus kita perangi bersama, karena  polisi saat ini membutuhkan peran serta masyrakat untuk bersama sama membrantas narkoba dan pemerintah juga siap untuk untuk berperan aktif dalam hal pembrantasan narkoba di daerah yang dijuluki salumpat saindege ini, ujarnya.  

Pantauan wartawan,’pemusnahan barang bukti narkoba jenis ganja sebanyak 49 Kg tersebut dipimpin langsung oleh  Kapolresta Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, SIK, MH, hadir juga yang  mewakili Kajari Padangsidimpuan  Kasipidum  Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan, Ahmad Harahap, sementara dari pihak Pengadilan Negeri Kota Padangsidimpuan diperwakilkan oleh Balaman Siregar, tampak juga Ketua BNNK tapsel AKBP Siti Aminah Siregar.

Hadir juga pejabat Walikota Padangsidimpuan H. sarmadan Hasibuan beserta Kakan Kesbagpol Kota Padangsidimpuan Safaruddin Harahap, dalam kegiatan tersebut bersama-sama menyulut api dan membakar ganja. Sebelum pembakaran, Satnarkoba Polres Padangsidimpuan terlebih dahulu  melakukan pengecekan dan mengetes narkoba hasil pengungkapan tersebut.

Kasat narkoba Polres Kota Padangsidimpuan AKP C.J Panjaitan, SH menuturkan bahwa pengungkapan ini hasil tangkapan narkoba jenis ganja pada 22 Desember 2017 lalu yang dilakukan di Gang Martabe, Kelurahan Losung, Kota Padangsidimpuan dengan barang bukti 28 kg dengan pelaku atas nama Edison Simanungkalit (40), kemudian berselang satu bulan pihaknya kembali meringkus dua pemuda yang mengendarai Mitsubishi TS 120 SS dengan Nopol BB 1124 LR, saat petugas melakukan pemeriksaan di dalam angkot, terbukti benar, ganja sudah disusun rapi, siap edar.

Petugas kemudian melakukan pemeriksaan barang bawaan Angkot dan ditemukan sebuah karung plastik warna putih berisi ganja kering yang dikemas dengan rapi 21 kg dan mengamankan dua pria yang diduga sebagai kurir ganja kering tersebut, atas nama Muhammad fahrul lubis, (28), Abdul hadi boja lubis, (22) keduanya merupakan warga Kelurahan Gunung Baringin, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal. (Ucok Siregar/Red)

Loading...