Produksi Sampah di Tebing Tinggi 109 Ton Perhari

0
260
IMG-20171120-WA0024
Loading...

BuktiPers.Com – Tebing Tinggi (Sumut)

Walikota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan mengingatkan, bahwa tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) yang ada dan dimiliki Pemerintah Kota Tebingtinggi secara keseluruhan ada 4,7 Ha dan apabila sampah terus ditumpuk di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah tanpa diolah, maka akan mampu menampung sampah beberapa puluh tahun kedepan saja.

“Untuk itu, perlu adanya Pra Disain dalam pengelolaan sampah yang nantinya dituangkan dalam perencanaan bagaimana semestinya pemanfaatan TPST tersebut,” ujar Walikota pada pelaksanaan Revisi Pra Desain Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), Senin (20/11/2017) di Komplek TPA/TPST Jalan Baja Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi.

Saat ini, lanjut Walikota, produksi sampah di Kota Tebing Tinggi ada sekitar 109 ton perhari, namun masih tersisa sekitar 19 ton lagi yang belum dapat terangkut dari sumbernya, jika sisa sampah (yang belum terangkat) bisa diolah maka tidak perlu dibawa ke tempat pengolahan sampah terpadu (TPST). “Sampah saat ini bukanlah menjadi beban, tetapi bisa dijadikan sebagai sumber tambahan ekonomi jika dikelola secara baik melalui berbagai tindakan maupun kreatifitas,” imbuhnya.

Dikatakan Walikota, di beberapa negara dalam pengolahan sampah menjadi suatu bahan yang bermanfaat dan bernilai ekonomi sudah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Sampah-sampah tersebut diolah dengan sedemikian baiknya dan bisa pula dengan memanfaatkan melalui proses lingkungan atau sekolah-sekolah, sehingga sampah sudah menjadi bahan berguna di sumbernya.

“Kondisi seperti itu harus dimulai dari sekarang, dan biasanya kebiasaan kita memulai tersebut suatu pekerjaan gampang tapi malas dilakukan, mari mulailah dari yang kecil-kecil dengan memanfaatkan daur ulang sampah di rumah-rumah,” ajaknya.

Sebelumnya Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Kebersihan Hj Rusmiyati Harahap menyampaikan, Pra Desain TPST ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya saat TPST Tebingtinggi masih seluas 2,1 Hektar. Namun setelah TPST Tebing Tinggi diperluas menjadi 4,7 hektar, maka diperlukan pra desain yang lebih akurat dengan menyesuaikan keadaannya saat ini.

Disampaikan bahwa produksi sampah di Kota Tebingtinggi saat ini ada 119 ton/hari dan yang berahasil diangkut ke TPST sekitar 104,46 ton/hari dan sisanya ada sekitar 19,20 ton/hari berada disumber. Sedangkan dari kegiatan pengolahan sampah yang berasal dari sumber informal 9,47 ton/hari (8 %) dan yang terolah dari formal 9,73 ton (8%) ton/hari, untuk itulah diperlukan perencanaan yang detail lagi.

Kegiatan Revisi Penyusunan Pra Desain TPST tersebut dengan mendatangkan tiga pakar pengolahan sampah masing-masing Ir Sudartoyo, Sofyan Alamsyah ST dan Endy Sulistiawan dari Bandung. Acara yang berlangsung sehari penuh itu diikuti para pimpinan OPD, Camat, Lurah dan para pengusaha dari berbagai bidang di kota Tebing Tinggi. (Hormianna/Red)

Loading...