Proyek Irigasi Di Sungai Sitoman Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi

0
124
IMG-20180313-WA0071
Loading...

BuktiPers.com – Tobasa (Sumut)

Kegiatan pekerjaan irigasi Sungai Sitoman dari Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tahun anggaran 2017 di Desa Pintubosi Kec. Laguboti diduga pondasi bangunan tidak sesuai dengan spesifikasi yang dikerjakan rekanan CV. Tabita.

Pekerjaan yang bernilai 600 jt untuk jaringan irigasi Sungai Sitoman yang diperuntukkan untuk mengairi persawahan Desa Ujung Tanduk, Desa Gasaribu dan Desa Pintubosi ini diduga kuat pondasi bangunan tidak sesuai spesifikasi yang nantinya akan berakibat fatal apabila bagunan tersebut roboh.

Hal ini disampaikan Erbin Pangaribuan masyarakat Desa Pintubosi ke awak media di Balige Selasa, 13/03/2018. Erbin mengatakan bahwa saat ini bangunan irigasi terlihat karung berisi tanah yang diduga untuk menahan bangunan, dikawatirkan apabila debit air besar dan mengikis perbukaan pondasi bangunan akan berakibat fatal ke tiga desa pengguna air untuk persawahan.

Terpisah Marsarasi Simamora Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saat ditemui diruangan kerjanya bahwa pekerjaan irigasi Sungai Sitoman sudah di Provisioning Handling Over (PHO) untuk pencairan 100 persen.

“Pengawas bersama dengan tim PHO sudah memeriksa pekerjaan jaringan irigasi dan tidak ada ditemukan kejanggalan dari hasil pekerjaan tersebut dan pekerjaan itu sudah mengajukan pencairan 100 persen,” tutur Marsarasi.

“Pada saat pembuatan pondasi diwajibkan menggunakan kisdam untuk pengalihan air, agar air tidak masuk ke galian pembutan pondasi dan bisa saja kisdam tersebut berupa karung yang sudah berisi tanah, mungkin saja kisdam tersebut masih terlihat sampai saat ini di pekerjaan bangunan irigasi sungai Sitoman,” tambah Marsarasi mengakhiri. (Jhon Rifer. A$)

Loading...