Rokorpemdes Setia Janji Bahas Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

0
55

Buktipers.com, Asahan (Sumut)

Rapat koordinasi pemerintahan desa (Rakorpemdes) yang dilaksanakan di Kantor Sei Silau Tua, Setia Janji, Asahan. (19/12/2017)

Kegiatan tersebut dibarengi dengan sosialisasi Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang diarahkan puskesmas Setia Janji kepada warga Sei Silau Tua. Kegiatan tersebut dihadiri kades Sei Silau Tua, Camat Setia Janji, pihak puskesmas dan para undangan.

Camat Setia Janji, BE.Simbolon mengatakan agar ada perubahan di desa Sei Silau Tua, saling bantu dan saling mengingatkan antar warga dengan perangkat desa.

Rakorpemdes tersebut, membahas program-program yang belum maupun yang sudah terealisasi. Camat dan kades juga berencana mengusahakan jalan di desa Sei Silau Tua agar di rabat beton tahun 2018 nanti.

“Rapat ini membahas program yang belum dilaksanakan dan sudah dilaksanakan oleh pemerintah desa dan terhadap sosialisasi Germas ini, warga harus melaksanakan 7 tahap tersebut” ungkapnya.

Dalam sosialisasi Germas tersebut, Kepala puskesmas Setia Janji Dr.Jeni Tarigan menjelaskan kegiatan Germas ini harus di biasakan dan harus melakukan 7 tahap.

Dimana 7 tahap Germas tersebut, yakni melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, menggunakan jamban.

“Ya, 7 tahap itu harus dilakukan warga agar Germas terlaksana” ungkapnya.

Kades Sei Silau Tua, Suharman mengatakan kegiatan ini untuk menjalin silahturahmi antar perangkat desa dengan warga Sei Silau Tua. 

Terkait Germas, Kades sangat bersyukur karena kegiatan ini memberi pengetahuan terhadap warga tentang pola hidup sehat.

“Kalau untuk rakorpemdes untuk menjalin silahturahmi antar perangkat desa dengan warga dan melalui Germas ini warga paham kesehatan” ungkapnya. (Adi P Sinaga)