RT/RW Di Mampang Diharuskan Memonitor Pendatang Baru

0
129
IMG-20180106-WA0029

Buktipers.com – Depok (Jabar)

Peran ketua RT dan RW di Kelurahan Mampang, Pancoranmas, sangat vital guna membantu terselenggaranya program Pemkot Depok.

Ketua RT dan RW akan dilibatkan membantu monitoring para pendatang baru di wilayah, supaya para pendatang mematuhi aturan kependudukan yang berlaku di Kota Depok.

“Kehadiran dan kedatangan wajah baru tentunya memiliki berbagai rencana, baik untuk mencari lapangan pekerjaan, sekolah, pendidikan maupun lainnya. Sehingga mereka harus melaporkan dirinya ke pengurus RT maupun RW setempat,” ujar Lurah Mampang, Abdul Khoir.

Dia menjelaskan, semua warga pendatang wajib lapor dengan menyerahkan persyaratan salinan KTP dan Kartu Keluarga (KK) kepada ketua RT/RW.

Karena itu, Khoir mengerahkan RT/RW untuk segera mendata warga pendatang di wilayah untuk dilaporkan ke kelurahan.

“Lingkungan masyarakat yang tertib administrasi akan lebih memudahkan pemerintah dalam melakukan berbagai keperluan. Nantinya warga akan didata dan dimasukkan ke dalam Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT),” katanya.

Kelurahan Mampang memiliki 74 RT dan 15 RW dengan jumlah penduduk sekitar 26 ribu orang.

Dari jumlah tersebut, 40 persen merupakan warga pendatang yang sudah terdata. Hal tersebut membuktikan Kelurahan Mampang merupakan wilayah yang padat penduduk, sehingga dia mengimbau agar pengurus lingkungan setempat lebih teliti dalam pendataan warga.

“Kami berharap kepada ketua RT/RW untuk aktif memantau situasi lingkungan. Sebab, dengan sikap proaktif RT/RW terhadap lingkungan, maka akan tercipta sebuah tatanan masyarakat yang aman, serta tertib administrasi,” tutup Khoir. (Rico.sm/Red)