Sambut HUT Kemerdekaan RI Ke 73, PKK Kecamatan Sidamanik Gelar Lomba Masak Makanan Non Beras

0
29
Loading...

BuktiPers.Com – Simalungun (Sumut)

Tim penggerak PKK Kabupaten Simalungun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pengurus PKK Nagori (desa-red) se Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, atas pelaksanaan lomba masak makanan non beras yang digelar di Balai Pertemuan, Kecamatan Sidamanik, Jumat (10/8/2018).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (DPMPN) Kabupaten Simalungun Lurinim Purba mengharapkan agar pengurus PKK Nagori dapat bersinergi dengan pemerintah nagori dalam menampung anggaran operasional dan kegiatan PKK sesuai hasil musyawarah di Nagori.

Diharapkannya jika anggaran kegiatan dan operasional PKK Nagori telah ditampung dalam APBDes (Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa) maka kemungkinan kegiatan lomba tersebut dapat digelar dalam tingkat Kabupaten.

“Jika anggaran kegiatan dan.operasional tim penggerak PKK Nagori telah ditampung dalam APBDes, maka kita akan gelar lomba serupa untuk tingkat Kabupaten,” ujar Lurinim.

Sesuai dengan lomba yang dilaksanakan hari ini, Lurinim mengatakan untuk dapat diterapkan dalam rumah tangga masing-masing sehingga dalam penyajian makanan di rumah tidak lagi melulu mengandalkan beras. Diharapkan dari kegiatan tersebut ibu-ibu semakin pintar menyiapkan makanan bergizi dengan memanfaatkan bahan-bahan makanan di daerah sekitarnya.

Sementara Camat Sidamanik Juliana F, SIP, MSi dalam bimbingan dan arahannya sebelum diumumkannya pemenang lomba mengatakan agar para peserta tidak hanya fokus pada kesempatan untuk menjadi juara, tapi lebih kepada peningkatan pengetahuan terhadap penyajian makanan berbahan non beras dengan memperhatikan kandungan gizi.

Dalam kesempatan tersebut, tak luput diperkenalkan produk rumahan (home industri/red) dari Kelurahan Sarimatondang yakni bubuk kopi kemasan dengan nama “DAI COFFEE” yang diolah dari kopi varietas “Excelsa” yang diproduksi dari lahan di perladangan keluarga Sidabalok di Kelurahan Sarimatondang.

Menurut Ny. Sidabalok yang memperkenalkan DAI COFFEE yang juga salah seorang pengurus PKK di Kelurahan Sarimatondang mengatakan akan menawarkan kopi kemasan tersebut ke umum dengan mendirikan sebuah kafe maupun warung kopi yang khusus menyajikan DAI COFFEE, serta mencoba melakukan sosialisasi penanaman kopi varietas excelsa untuk kelangsungan ketersediaannya.

Diakhir acara, panitia mengumumkan Nagori (desa-red) yang memperoleh nilai tertinggi sekaligus juara lomba masak makanan non beras yakni Nagori Manik Maraja. (Red)

Loading...