Sambut Hut Polres Minsel, Puluhan Pasangan Dinikahkan Massal

0
169
IMG-20171220-WA0042

BuktiPers.Com – Minahasa Selatan

Ada yang menarik pada Hari ulang tahun Polres Minahasa Selatan yang ke-12, yaitu prosesi Nikah Masal.

Prosesi nikah masal ini diadakan di halaman depan Kantor Polres Minahasa Selatan pada (19/12) kemarin, yang di ikuti oleh 100 pasangan, uniknya dalam nikah masal ini ada peserta yang usia paling muda 15 tahun dan usia paling tua 67 tahun, peserta umur 15 tahun yaitu Yanti Lolong dan peserta umur 67 tahun yaitu Bein Kembau.

Dalam kegiatan ini Polres Minsel menggandeng Pemerintah Kabupaten (pemkab) Minahasa Selatan, yang di hadiri langsung oleh Wakil Bupati Frangky Donny Wongkar SE beserta jajaran yang terkait, juga dari pihak TNI Dalam hal ini KORAMIL Minsel.

Diadakan kegiatan nikah masal ini selain untuk memeriahkan HUT Polres Minsel kegiatan ini juga membantu masyarakat mendapatkan kemudahan untuk proses akad Nikah.

Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana,SIK dalam kesempatan itu mengatakan bahwa tujuan di adakan nikah masal ini juga untuk menimalisir tindak KDRT yang kerap terjadi yang pemicunya salah satunya di sebabkan karena belum adanya ikatan pernikahan. Menurut kapolres bahwa dengan diadakan nikah masal ini di harapkan masing-masing pasangan akan lebih bertanggung jawab dan dewasa dalam tindakan.

“Kita melihat fenomena ini bagaimana kita meminimalisir dengan menyatukan pasangan-pasangan yang belum sah karena memang bibit-bibit permasalahan ada di situ. Anak-anak yang broken home tidak punya bapak atau ibu yang mungkin pasangan ada KDRT tapi tidak tau melapor kemana karena memang belum ada ikatan perkawinan. Sehingga kita meminimalisir dengan mengadakan kawin masal. Dengan adanya kawin masal ini maka mereka mempunyai  tanggung jawab satu sama lain. Sehingga dengan adanya ikatan ini akan membuat mereka bertindak lebih dewasa, ” terang Kapolres

Wakil bupati Minsel Frangky Donny Wongkar SE memberikan apresiasi kepada Kapolres Minsel serta jajarannya yang sudah berinisiatif bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Minahasa Selatan yang sudah melaksanakan kegiatan kawin masal ini.

“Kami pemerintah kabupaten Minahasa Selatan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada kapolres minsel serta jajarannya yang sudah melaksanakan kawin masal gratis sebanyak 100 pasang. Dan tentunya ini suatu kegiatan sosial yang sangat baik untuk menyadarkan pada masyarakat umum bahwa kalau mereka ingin bersama-sama harus sesuai hukum,” ungkapnya. (TL/Andy)