SMP Negeri I Sitiotio Dapat Rehab Sumber Dana Block Grand Tahun 2017

0
253

BuktiPers.Com – Samosir (Sumut)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyalurkan Dana hibah Block Grand untuk biaya Rehab Gedung Ruang Kelas-Rehab Ruang Laboratorium-Rehab Perpustakaan di SMP Negeri I Sitiotio, Kabupaten Samosir dengan Pagu Rp 425 juta TA 2017 yang kini sedang tahap pengerjaan oleh pihak sekolah dengan “Swakelola”.

Amatan BuktiPers.Com, Kamis (26/10/2017) bahwa pengerjaan rehab tersebut meliputu rehab 3 ruang kelas, rehab ruang laboratorium, rehab Perpustakaan dan merehab 2 ruang kelas teori.

Kepala sekolah SMP Negeri I Sitiotio Kartio Marbun, SPd sebagai penanggung jawab kegiatan, Ketua Panitia Pelaksana Pembangunan: Mangido Simbolon, Sekretaris: Berniat Tamba, Bendahara : Theodora Silalahi, SPd, Pengawas: Herbinson Siburian, SPd, Eybarda Simbolon, SSi dan Anggota: Sahat Tamba selaku Ketua Komite beserta Rensus sinaga, Piator Sinaga, Meiji Lumbanraja dan didampingi guru tenaga pengajarnya Andi Darwin Pasaribu, SS, Lindu Tamba, AMD, mereka mengatakan bahwa pelaksanaan rehab ini mengacu pada Perpres Nomor 54 Tahun 2010 karena anggaran yang digunakan adalah APBN. Hal ini tertuang pada Pasal 2 Perpres 54/2010 yaitu “Pengadaan Barang/Jasa di lingkungan K/L/D/I yang pembiayaannya baik sebagian atau seluruhnya bersumber dari APBN/APBD.”

Khusus swakelola, dijelaskan pada Pasal 26 Ayat 1 Perpres 54/2010 yaitu “Swakelola merupakan kegiatan Pengadaan Barang/Jasa dimana pekerjaannya direncanakan, dikerjakan dan/atau diawasi sendiri oleh K/L/D/I sebagai penanggung jawab anggaran, instansi pemerintah lain dan/atau kelompok masyarakat.”

Persyaratan sebuah pekerjaan dapat diswakelolakan yang dituangkan dalam Pasal 26 Ayat 2 adalah: pekerjaan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan/atau memanfaatkan kemampuan teknis sumber daya manusia serta sesuai dengan tugas pokok K/L/D/I; Pekerjaan yang operasi dan pemeliharaannya memerlukan partisipasi langsung masyarakat setempat.

“Ini merupakan pendapat yang masih berdasarkan kepada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 80 Tahun 2003 “pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa hanya diserahkan kepada Kelompok Masyarakat Pelaksana Swakelola yang mampu melaksanakan pekerjaan,” ujar Kartio Marbun.

Swakelola tersebut adalah swakelola yang dilaksanakan oleh K/L/D/I penanggung jawab anggaran, sehingga dilaksanakan dengan memperhatikan ketentuan Pasal 27 ayat 1 dan 2 serta Pasal 29 Perpres 54/2010. Kartio Marbun berjanji akan berupaya melakukan yang terbaik dan terbagus untuk Pembangunan Rehabilitasi gedung di sekolah itu.

Kadis Pendidikan Kabupaten Samosir Drs Rikardo Hutajulu MPd, Sekretaris: Drs Barisan P. Manullang, Kabid Dikmas/Dikdas: Marannes Sihombing, SPd, PPTK/Kasi SMP: Parlagutan Simbolon, SPd yang bersinergi dengan Wakil Ketua PWRI-B Kabupaten Samosir Baktiar Halomoan Pasaribu bahwasanya dalam melakukan pengawasan terkait pelaksanaan pembangunan Rehabilitasi di beberapa sekolah, termasuk di SMP Negeri 1 Sitiotio agar memghasilkan bangunan yang baik dan berkualitas sehingga sesuai dengan yang diatur oleh Perpres No 123 tahun 2016 dan dikembangkan oleh Kemendikbud No 9 tahun 2017 untuk petunjuk teknis pelaksanaan Dana Block Grand-DAK .(BP/Red)