STOP BULLYING: Ini Undang-Undang Dan Hukumannya

0
381
IMG-20171216-WA0032

BuktiPers.Com – Pringsewu (Lampung)

Dugaan tindakan dan ucapan oknum guru pendidik yang seharusnya tidak diterapkan di Sekolah Dasar (SD) hingga membuat orang tua kecewa atas ucapan dan arogannya oknum guru pendidik.

Noval Cahyo Pradana (9) yang masih duduk di bangku kelas 3 di SDN 2 Pandansurat Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Lampung menjadi korban bully oleh oknum guru pendidik hingga Noval tidak mau bersekolah karena takut pada oknum guru tersebut.

Seperti yang telah tertuang pada undang undang pelaku bullying terhadap anak dapat dipidana berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana yang telah diubah oleh Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Dalam undang-undang tersebut diatur bahwa setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan kekerasan terhadap anak. Bagi yang melanggarnya akan dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun 6 (enam) bulan dan/atau denda paling banyak Rp 72 juta.

Kepala Inspektorat Pringsewu Heriyadi Indra ketika dikonfirmasi lewat pesan watshap terkait tindakan dan ucapan oknum guru yang hingga Noval enggan bersekolah lagi, Sabtu (16/12/2017), mengatakan, “Nanti kita akan koordinasi dengan dinas pendidikan apa yang dilakukan melanggar etika sebagai guru apa tidak,” pungkasnya. (Team/Red)