Syahbandar Pulau Morotai Ikut Pantau Arus Mudik Penumpang

0
35

BuktiPers.Com – Pulau Morotai (Malut)

Selain Dinas Perhubungan dan TNI/Polri, Syahbandar Kelas III Pelabuhan Besar Daruba juga melakukan pemantauan arus mudik lebaran Idul Fitri di pelabuhan besar dan pelabuhan speed. Pantauan BuktiPers.Com, Senin (11/06/2018) di pelabuhan besar dan pelabuhan speed, terjadi lonjakan penumpang yang signifikan baik di kapal Geovani dengan tujuan Morotai-Ternate maupun speed tujuan Morotai-Tobelo.

Kepala UPP Kelas III Pelabuhan Besar Daruba, M. Jufri Rahmat saat dikonfirmasi di kantornya, mengungkapkan untuk kapal Ratu Maria terakhir sebelum hari raya dengan tujuan Morotai-Ternate pada Selasa (hari ini). Karena kapal Geovani dengan tujuan Morotai-Ternate terakhir pada sabtu kemarin.

“Saat ini lonjakan penumpang menjelang hari raya Idul Fitri sangat signifikan, karena kapal Geovani yang sebelumnya mengangkut penumpang 200 orang lebih. Namun, pada sabtu kemarin lonjakan penumpang sebanyak 300 orang lebih,” katanya.

Oleh karena itu, setiap penumpang yang mau naik kapal maupun speed harus membeli tiket keberangkatan, jika tidak membeli tiket maka tidak bisa berangkat. Selain itu juga, speed yang sebelumnya mengangkut penumpang 20 orang, saat ini harus dikurangi satu speed hanya 17 orang penumpang. Mengenai dengan cuaca selama arus mudik penumpang, dipastikan cuaca masih kondusif dan tidak ada cuaca ekstrim selama arus mudik. Sementara untuk pengawasan arus balik penumpang dipastikan pada 21 Juni mendatang, kami juga melakukan pemantauan semua penumpang yang masuk di Pulau Morotai. 

“Kami melakukan pemantauan dan pengawasan arus mudik dan arus balik penumpang sampai pada 21 Juni mendatang. Bahkan setiap penumpang yang turun di Morotai tetap kami lakukan pemeriksaan,” jelasnya. (Lex-Mor/Red)