Tangkal Radikalisme Dan Terorisme, Polresta Malang Tugaskan Polisi RW

0
127
IMG-20180322-WA0024
Loading...

BuktiPers.Com – Malang (Jatim)

Perkembangan masyarakat di Kota Malang, saat ini mengalami fase yang sangat cepat. Perubahan gaya hidup, tehnologi, menimbulkan dinamisasi tersendiri bagi masyarakat kota Malang. Dampak negatif dan positif tidak bisa dihindari, munculnya kelompok-kelompok tertentu, dengan ajaran-ajaran yang tidak sesuai dengan prinsip toleransi antar umat beragama.

Munculnya kelompok radikal dan ancaman terorisme, merupakan bahaya laten yang terus mencoba masuk, mempengaruhi dan memecah belah bangsa ini.

Terkait menanggulangi masalah ini, Polresta Malang menggalakkan, sistem keamanan yang langsung, dan cepat untuk masyarakat Kota Malang. Program itu adalah Program Polisi RW, dan pada apel hari ini Kamis (22/03/2018), Kapolresta Malang secara resmi, menugaskan anggotanya untuk terjun langsung, di masing-masing RW di seluruh wilayah kota Malang, satu RW satu petugas Kepolisian yang bertanggung jawab.

Ada 547 RW di seluruh kota Malang, yang merupakan wilayah hukum Polresta Malang, dan nantinya di masing-masing wilayah inilah polisi RW akan menjalankan tugasnya.

Menurut informasi yang diperoleh awak BuktiPers.Com, dari Humas Polresta Malang mengatakan, “Polisi RW ini adalah langkah kreatif dan inovatif Kapolresta Malang AKBP Asfuri, agar kehadiran Polisi dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya tentang prosedur kerja polisi RW, mereka bertugas melaksankan monitoring terhadap wilayah, dalam hal ini RW atau kawasan tertentu. Mereka juga bertugas menjalin kedekatan, menyaring semua informasi, dan menjadi jembatan antara Polsek dan masyarakat.

Dan tugas terpenting mereka yang terakhir, tugas mereka adalah menjadi mata dan telingga pimpinan, yang bertugas memberi gambaran situasi di lapangan,” pungkasnya. (Hermin/Red)

Loading...