Terkait Tenggelamnya KM. Berkat Anugrah, Satreskrim Polres Lingga Tetapkan Nakhoda Sebagai Tersangka.

0
102
Loading...

Buktipers.com – Lingga (Kepri)

Terkait Tragedi musibah tenggelamnya KM Berkat Anugrah dari Nipah Panjang Sumatra  tujuan Batam, akibat dihantam ombak dan Badai diseputaran perairan laut Pulun, Jajaran Polres Lingga melalui Satuan Reskrim Polres Lingga tingkatkan status kasus teragedi Laka Laut tenggelamnya Kapal Motor (KM) Berkat Anugrah ke tahap penyidikan. Dan dalam tahap penyidikan yang dilakukan, ditetapkan Satu orang menjadi tersangka yakni yang bertindak  selaku Nakhoda Kapal. 

Dalam pertemuan dialog singkat, Kepala Satuan  (Kasat) Reskrim Polres Lingga AKP Suharnoko mewakili Polres Lingga menjelaskan peningkatan status tenggelamnya KM Berkat Anugrah beberapa pekan lalu  di karenakan adanya temuan pelanggaran aturan tentang keselamatan dan juga ada korban meninggal.

Alasan ditetapkan Tersangka atas nama Haji Haris yang berprofesi sebagai Nahkoda Kapal karena disebabkan Kapal tidak dilengkapi dengan peralatan keselamatan saat melakukan pelayaran yang standar, dari hasil temuan yang dilanggar (Dalam hal kelalaian) dari hasil temuan Lidik ini maka tersangka selaku Nakhoda kita kenakan pasal 303 UU no 17 tahun 2008 tentang pelayaran, dengan ancaman kurungan 10 tahun 

Yang mana tercantum dalam pasal 303 UU No.17 itu disebutkan, “Dalam melakukan kegiatan pelayaran akibat kelalaian  yang  menyebabkan seseorang meninggal dunia maka ancamannya 10 tahun penjara,” Jelas Suharnoko kepada pewarta buktipers.com jum’at 29/06 bertempat warung makan Padang Solo Dabo Kecamatan Singkep sekira pukul 13.45 wib..

Selanjutnya dikatakan, Untuk kelancaran giat  Proses penyidikan, kita juga mengamankan barang bukti (BB) berupa potongan serpihan tenda KM Berkat Anugrah yang tenggelam diperairan Laut Pulun Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga. sementara itu sekalipun sudah di tetapkan menjadi tersangka atas nama Haji Aris selaku Nahkoda Kapal belum kita lakukan penahanan.

“Tersangka belum kita tahan, namun proses kasus tetap ditindak lanjuti, dan anggota kita masih melakukan pemberkasan kasus ini,” papar Kasat Reskrim Mako Polres Lingga AKP Suharnoko, (BP/zul/Red).

Loading...