Wabup Aceh Tamiang Panen Perdana Bawang Tuktuk Panah Merah

0
35

Buktipers.com- Aceh Tamiang (Aceh),

Wakil Bupati Aceh Tamiang T. Insyafuddin didampingi Ketua DPRK Aceh Tamiang Fazlon SH beserta Kepala Dinas Pertanian sekaligus perternakan dan Perkebunan Aceh Tamiang, untuk melakukan panen perdana Bawang Merah jenis Tuktuk Panah Merah di Areal Tanah Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Rantau, seluas 1 (satu) hektar, selasa (6/2/2018) pukul 14.00 Wib.

Penen perdana ini merupakan hasil uji coba tanaman bawang merah yang baru dilaksanakan oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Rantau beberapa bulan lalu, Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat, khususnya Petani bahwa tanaman bawang merah dapat hidup di daerah ini.

Dalam acara panen tersebut, Wakil Bupati Aceh Tamiang, T. Insyafuddin mengatakan “agar budidaya bawang merah dapat terus dikembangkan, terutama dikawasan Kampung Sapta Jaya karena tersedianya lahan tanam yang cukup untuk masyarakat” kata Wakil Bupati. disela sela perkebunan.

“Terkait dengan kelangkaan bawang merah di tingkat pasar dan melambungnya harga bawang merah, sudah seharusnya budidaya bawang merah dilakukan guna mengimbangi ketersedian dan mengantispiasi harga, dan kepada Dinas terkait sudah harus mensosialisasikan dan memberikan pelatihan serta pembinaan kepada petani agar dapat bercocok tanam bawang merah dengan cara yang tepat dan baik,” ungkap T. Insyafuddin.

Kepala Dinas Pertanian, Perternakan dan Perkebunan Aceh Tamiang, Safuan SP. mengatakan pihaknya akan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi petani melalui sekolah lapang. Dengan mengikuti sekolah lapang, nantinya Petani sudah bisa melaksanakannya sendiri, atau berkelompok, tentunya dengan menyiapkan anggaran biaya kegiatan termasuk pelatihan, areal, bibit, dan sarana lainnya hingga produksi “Ungkapnya

Pantauan Buktipers.com ini berpotensi tumbuh dengan hasil yang lumayan bagus dan pembibitan hanya membutuhkan waktu 106 hari hingga masa panen, dengan uji coba yang dilakukan pada lebar lahan 80 cm dan panjang 22 meter, hasil panen mencapai 28 kilogram atau bedeng. [M.Irwan]