Walikota Umar Hadiri Upacara Peristiwa 13 Desember Tebing Tinggi

0
74

BuktiPers.Com – Tebing Tinggi (Sumut)

Pemko Tebing Tinggi peringati Hari Bersejarah Peristiwa 13 Desember 1945 dengan menggelar upacara di Lapangan Merdeka dengan Inspektur Upacara Dandim 0204-DS Letkol. Arm. Asep Hendra Budiana dan dihadiri Walikota Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM bersama unsur FKPD.

Sebelum upacara, dilakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan dan Titi Gantung Jl. F. Tandean yang merupakan salah satu tempat pembantaian oleh tentara Jepang pada peristiwa 13 Desember 1945 silam.

Selain ziarah peringatan peristiwa bersejarah digelar drama kolosal yang dilakoni oleh para pelajar SMPN 8 berjudul tetes dan air mata, yang mengisahkan tentang kekejaman tentara Jepang saat peristiwa 13 Desember 1945 terhadap pemuda-pemuda Tebing Tinggi.

Dalam upacara tersebut Inspektur Upacara Letkol. Arm Asep Hendra Budiana membacakan amanat Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan antara lain Peringatan ini bukanlah sekedar acara ceremonial belaka, tetapi ada banyak makna terkandung dalam sejarah 13 Desember ini.

Diantaranya adalah rasa persatuan dan kesatuan yang dimiliki para pejuang kita terdahulu yang harus diwarisi oleh generasi sekarang yang mudah terpecah belah karena hanya persoalan sepele.

Bagian lainnya adalah pengorbanan yang dilakukan para pahlawan terdahulu yang dilakukan tanpa pamrih.

“Untuk itu dengan momentum peringatan 13 Desember ini mari kita jaga dan lestarikan persatuan dan kesatuan serta pengorbanan untuk membangun Kota Tebing Tinggi di masa mendatang lebih maju lagi dan meningkatkan kesejateraan warga Tebing Tinggi,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Kota Tebing Tinggi menyampaikan apresiasi kepada donatur yang telah memberikan bantuan untuk para korban banjir Tebing Tinggi yang terjadi (2/12) lalu.

Ini merupakan suatu wujud kebesamaan, gotong royong kita, yang merupakan salah satu sikap yang diwariskan oleh para pejuang terdahulu, dan patut untuk kita abadikan sepanjang masa.

Dalam acara peringatan tersebut diisi dengan penyaluran bantuan untuk para korban banjir berupa paket sembako, Baju, Kain Sarung di masing-masing kecamatan dan bantuan untuk sekolah beruapa tas sekolah dan buku.

Juga saat yang sama dilaunchingnya Aplikasi untuk penyampaian pendapat dan pengaduan bagi warga Tebing Tinggi melalui www.laporsiumar.
tebingtinggikota.go.id, ditandai dengan pelepasan balon oleh Walikota Tebing Tinggi. (Hormianna/Red)