1 Januari 2020, Bappenas Uji Coba Kebijakan ASN Kerja dari Rumah

0
98
Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa. (Foto: Humas Bappenas)
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Wacana kebijakan Aparatur Sipil Negara (ASN bekerja dari rumah mendapat perhatian serius dari pemerintah. Kebijakan ini rencananya diuji coba pada awal tahun depan.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, konsep ASN bekerja dari rumah merupakan bentuk keluwesan pemerintah menghadapi perkembangan zaman.

“Ada konsep kalau kerja lebih enak yang fleksibel kan, nah mungkin generasi-generasi ke depan juga akan dengan cara-cara seperti, jadi kenapa enggak kita akomodir,” kata Suharso di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Politikus PPP itu mengatakan, konsep kerja dari rumah akan diuji coba pada 1 Januari 2020. Uji coba tersebut akan melibatkan sekitar 1.000 ASN di lingkungan Bappenas.

Menurut Suharso, jika uji coba ini berhasil, maka bukan tidak mungkin akan diterapkan di ibu kota baru nantinya.

“Kita punya ibu kota baru itu adalah smart city, juga smart goverment, bisa fleksibel dalam hal pekerjaanya. Tetapi yang penting, mereka bisa men-deliver pekerjaannya, assignment-nya bahkan dia bisa me-reply bila ada yang kurang tepat dan seterusnya,” tuturnya.

Lewat smart city, Suharso menilai, sistem layanan pemerintahan nantinya akan mengandalkan berbagai teknologi mulai dari komputasi awan (iCloud), Internet of Things (IoT), hingga blockchain.

“Jadi tidak semuanya (ASN) mungkin harus di dalam gedung, mungkin nanti dirjen-dirjen tertentu tidak ada di ibu kota, tapi tetap ada gedung bersama, ada ruang bersama yang bisa dipakai,” uja Suharso.

 

Sumber : iNews.id