10 Preman dan Pelaku Pungli di Tapteng Terjaring Razia Polisi

0
1
Polres Tapteng melakukan razia preman dan berhasil mengamankan 10 orang yang diduga sebagai preman dan melakukan pungutan liar kepada masyarakat di beberapa lokasi yang ada di Tapteng. (Antara/HO)
Dijual Rumah

Tapteng, buktipers.com – Sebanyak 10 orang preman yang kerap meresahkan warga di Tapanuli Tengah (Tapteng) ditangkap personel Satreskrim Polres Tapteng, Sabtu (12/6/2021). Seluruh preman tersebut diamankan petugas di sejumlah titik di Tapteng seperti pasar tradisional dan lokasi pariwisata.

Kasubbag Humas Polres Tapteng AKP Horas Gurning mengatakan 10 orang tersebut diamankan petugas  di Pantai Pandan, Kelurahan Pandan Wangi, Kecamatan Pandan. Parkiran Kampung Bugis Hajoran, Rumah Makan (Belakang Tolkit) Lingkungan I Kelurahan Kalangan, Kecamatan Pandan, dan Pasar Onan Sipea-pea.

“Mereka melakukan tindakan premanisme dan pungutan liar seperti restribusi parkir tidak resmi kepada masyarakat,” kata Horas, Minggu (13/6/2021).

Horas mengatakan razia tersebut dilakukan untuk memelihara keamanan, ketertiban dan menjamin ketenteraman  masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Tapteng. Langkah ini juga untuk memberikan efek jera kepada seluruh pelaku premanisme dan pungutan liar (pungli) yang kerap meresahkan warga.

Horas mengatakan langkah ini merupakan tindak lanjut dari banyak laporan masyarakat terkait tindakan premanisme dan pungli. Namun, warga juga enggan melaporkan kasus tersebut untuk proses hukum lebih lanjut.

“Sehingga para pelaku tetap leluasa melakukan perbuatan yang melanggar hukum tersebut, dan hal ini dimungkinkan karena rasa takut ataupun ancaman dari para pelaku kepada masyarakat yang menjadi korban,” katanya.

Polres Tapteng mengimbau masyarakat agar tidak takut ataupun enggan melaporkan ke pihak kepolisian apabila melihat, mengetahui, atau pun menjadi korban premanisme maupun pungutan liar.

“Dengan adanya informasi dari masyarakat itu sangat membantu tugas kepolisian,” katanya.

 

Sumber : iNews.id