Gubernur Riau Bela Ketua DPRD soal Viral Naik Heli BNPB ke Musda Golkar

0
2
Foto: Gubernur Riau Syamsuar (Chaidir-detikcom)

Pekanbaru, buktipers.com – Gubernur Riau, Syamsuar, buka suara soal viral informasi Ketua DPRD Riau, Indra Gunawan alias Eet, menaiki helikopter BNPB dari Pekanbaru ke Bengkalis untuk menghadiri musda Golkar. Dia mengklaim Eet hanya menumpang di heli yang sedang patroli kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Heli ini sekaligus digunakan untuk patrol (Karhutla). Sehingga pada waktu patrol ya Ketua DPRD numpang ke sana (Bengkalis) gitu,” kata Syamsuar kepada wartawan, Selasa (25/8/2020).

Dia menepis kabar heli tersebut digunakan Eet untuk kepentingan Musda Golkar Bengkalis. Syamsuar mengatakan dirinya saja menggunakan helikopter swasta jika hadir di kegiatan partai.

“Mana mungkin untuk keperluan partai, saya saja pakai heli swasta,” kata Syamsuar.

Dia juga buka suara soal Eet yang disambut sejumlah orang menggunakan atribut AMPG saat turun dari heli BNPB. Menurutnya, dirinya juga disambut dengan cara yang sama.

“Video saya datang tuh tidak divideokan, padahal sama aja (datang ke Bengkalis),” ujarnya.

Syamsuar mengatakan Eet selaku Ketua DPRD Riau juga merupakan bagian dar Satgas. Oleh sebab itu, menurutnya, tak ada petugas pendamping lainnya saat itu.

“Kalau Karhutla itu bisa saja tidak ada ininya (pendampingan), tapi kan Ketua DPRD termasuk Forkopinda dan ikut Satgas, iya kan, Ketua DPRD kan masuk Satgas,” ujar Syamsuar.

Sebelumnya, video heli bertuliskan BNPB ditumpangi Ketua DPRD Riau dan Ketua AMPG Riau viral. Heli itu disebut mengantar keduanya ke acara Musda Golkar di Bengkalis, Riau.

Video itu berdurasi 2 menit 42 detik. Dalam video itu terlihat sejumlah orang berseragam Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) menunggu kedatangan heli di kawasan pantai. Tak lama kemudian tampak heli dengan logo BNPB di bagian depan mendarat.

Sejumlah orang menggunakan atribut AMPG tampak berbaris setelah heli mendarat. Ketua DPRD Riau yang juga menjabat Sekretaris DPD Golkar Riau Indra Gunawan alias Eet, dan Ketua AMPG Riau, Taufik Erman kemudian terlihat keluar dari heli. Terdengar teriakan yel-yel ‘Hidup AMPG! Hidup Golkar!’ saat keduanya turun dari heli.

Ketua AMPG Riau Taufik Erman saat dikonfirmasi membenarkan dirinya ada di heli tersebut bersama Eet. Dia mengaku tidak mengetahui bagaimana proses mendapatkan heli BNPB tersebut. Dia membenarkan ada acara Musda Golkar di Bengkalis. Namun, acaranya berlangsung malam hari setelah mereka tiba dengan heli.

“Saya hanya diajak saja. Kalau soal itu (proses meminjam heli) saya tidak tahu. Karena saya diajak ya sudah saya ikut saja,” kata Taufik.

“Acara Musdanya malam hari,” sambung Taufik.

Eet juga sudah buka suara. Dia membantah dirinya menggunakan heli BNPB secara khusus untuk datang ke Musda Golkar Bengkalis.

“Surat resmi melihat kebakaran lahan di wilayah dapil saya wajarlah. Jadi saya rasa ini kalau ini memang dipelintir saya acara partai, ya itu salah. Karena waktu itu saya pergi memang murni sebagai Ketua DPRD,” kata Eet.

 

Sumber : detik.com