11 Kambing Warga Diduga Dimangsa Harimau, BKSDA Bengkulu Pasang Perangkap

0
31
BKSDA Bengkulu memasang perangkap harimau. (Dok. Istimewa)
Dijual Rumah

Bengkulu, buktipers.com – Sebanyak 11 ekor kambing milik warga diduga dimangsa harimau di Desa Tanjung Kuaw, Kecamatan Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma, Bengkulu. Mendapat laporan kambing warga diduga dimangsa harimau, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu memasang perangkap harimau agar kejadian tersebut tak terulang.

Peristiwa dimangsanya 11 kambing milik warga ini terjadi pada Jumat (24/7) dan dilaporkan kepada pihak desa pada Sabtu (25/7) malam. Lokasi kejadian masuk wilayah jelajah harimau, berjarak sekitar 8 kilometer dari Taman Buru Semidang Bukit Kabu, Kabupaten Seluma.

Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah II Kabupaten Seluma, Mariska, mengatakan mendapat laporan dari Kepala Desa Kuaw bahwa ada harimau yang memangsa ternak warganya. BKSDA bersama polisi setempat memasang perangkap dengan pemberian umpan satu ekor kambing di daerah yang menjadi lintasan atau jelajah harimau.

“Agar tidak adanya korban lagi, kami memasang perangkap di lokasi yang menjadi lintasan harimau, dengan umpannya satu ekor kambing,” ujar Mariska, saat dikonfirmasi detikcom, Senin (27/7/2020).

Mariska mengatakan harimau yang diduga memangsa ternak warga tersebut belum dapat dipastikan apakah satu ekor atau lebih, sedangkan di lokasi ditemukan jejak kaki harimau yang telah samar. Selain itu, harimau yang memangsa belum dapat diprediksi apakah harimau dewasa dan remaja.

”Saat olah TKP masih ditemukan bekas jejak kaki, namun hampir hilang akibat hujan, belum bisa dipastikan berapa jumlah harimau yang memangsa,” jelas Mariska.

Mariska meminta warga di sekitar lokasi kejadian tetap waspada dan berhati-hati. Dia mengimbau warga untuk sementara tidak beraktivitas di area yang menjadi lokasi perlintasan atau wilayah jelajah harimau guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

”Daerah yang menjadi lokasi harimau memangsa ternak, berdekatan dengan Taman Buru Semidang Bukit Kabu,” terang Mariska.

 

Sumber : detik.com