11 Nakes Positif Covid-19, RSUD Panyabungan Mandailing Natal Tutup Sementara

0
2
RSUD Panyabungan Mandailing Natal, Sumut. (Foto: iNews/Ahmad Husein Lubis)

Mandailing Natal, buktipers.com – RSUD Panyabungan di Mandailing Natal, Sumatera Utara (Sumut) di-lockdown sementara. Penutupan ini dilakukan setelah 11 tenaga kesehatan terkonfirmasi positif Covid-19.

Meski ditutup sementara, namun pelayanan bagi pasien yang sudah terlanjur menjalani rawat inap di RSUD ini masih diupayakan dengan mendatangkan bantuan para tenaga medis lain dari luar rumah sakit.

Bupati Mandailing Natal yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Dahlan Hasan Nasution telah memerintahkan kepala Dinas Kesehatan untuk mengatur bantuan tenaga medis dari puskesmas-puskesmas. Mereka akan diperbantukan sementara di rumah sakit.

“Kita akan tambah dari luar, tenaga medis yang ada di Mandailing Natal,” katanya, Minggu (6/9/2020).

Dahlan juga meminta rumah sakit tak menerima pasien rawat jalan dan rawat inap untuk sementara. Namun pelayanan kesehatan gawat darurat di IGD masih diperbolehkan.

Berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mandailing Natal, hingga hari Minggu (6/9/2020), jumlah pasien positif mencapai 16 orang. Sebanyak 11 di antaranya merupakan tenaga kesehatan yang bekerja di RSUD Panyabungan.

Dari 11 pasien Coivd-19 ini, sebagian besar merupakan tenaga medis yang bertugas di poliklinik kebidanan. Munculnya klaster rumah sakit khususnya di poli kebidanan ini berawal dari salah seorang dokter spesialis kandungan yang terpapar Covid-19 usai berpergian keluar kota.

Dokter tersebut sempat kontak erat dengan sesama rekan tenaga medis lain di poliklinik kebidanan. Hal ini membuat para rekannya turut terpapar Covid-19.

 

Sumber : iNews.id